SIMP4TIK News - Setelah istirahat sekitar dua tahun tidak ada aktivitas yang melibatkan masyarakat pada peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Nunukan akibat mewabahnya covid-19, tahun ini peringatan HUT Kabupaten Nunukan akan dimeriahkan berbagai kegiatan dan lomba. Hal ini terungkap saat rapat pemantapan Panitia yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Muhammad Amin SH di ruang rapat lantai 1 Kantor Bupati Nunukan, Selasa (19/9). 

Pada rapat yang dihadiri Sekretaris DPRD Muhammad Effendi, Kadis Kominfo Kaharuddin, Direktur Bankkaltimtara Fahmi Paradin dan sejumlah perwakilan perangkat daerah itu, terungkap banyak hal terkait rencana kerja Panitia HUT Kabupaten Nunukan. Diantaranya Upacara ditiadakan diganti dengan Rapat Paripurna di DPRD dan lomba gerak jalan indah serta Pawai Budaya dengan kendaraan dan jalan kaki. 

"Sesuai arahan ibu Bupati Upacara untuk tahun ini ditiadakan, acara seremonialnya dipusatkan di DPRD melalui rapat paripurna sedangkan untuk lomba akan dipusatkan di Paras Perbatasan," ungkap Muhammad Amin menambahkan untuk teknis rapat paripurna diserahkan kepada Sekretaris DPRD untuk mengaturnya sedangkan lomba-lomba akan dikoordinir Dinas Kebudayaan Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disbudporapar).

Merespon masukan dari Muhammad Amin, Sekretaris DPRD menyatakan siap melaksanakan tugas yang dipercayakan. “Kami sudah membentuk tim kecil di Setwan untuk melaksanakan tugas tersebut, soal acara-acaranya tentu kami menyesuaikan sesuai dengan keputusan dan rekomendasi rapat mengingat Sidang Paripurna Istimewa bersifat tidak kaku, dapat menyesuaikan dan tidak dipersyaratkan quorum,” katanya.

Terkait pelaksanaan lomba Sekretaris Dinas Budporapar Sudirman SS  didampingi Kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga H Romy Setiady SH menjelaskan ada dua lomba yang akan digelar yaitu Pawai Budaya dan Gerak Jalan Indah. “Pawai Budaya kita bagi dua yaitu jalan kaki dan kendaraan hias sedangkan gerak jalan indah dibagi untuk kategori SD, SMP, SMA dan Umum,” katanya.

Pawai Budaya jelas Sudirman akan digelar pada tanggal 15 Oktober 2022 sedangkan lomba gerak jalan indah pada tanggal 22 Oktober 2022. Peserta pawai budaya jalan kaki dan gerak jalan indah berangkat dari Alun-Alun Nunukan sedangkan kendaraan hias akan star di Liem Hie Jung terus ke jalan TVRI tembus pelabuhan seterusnya belok kanan masuk jalan lingkar dan finis di Paras Perbatasan.

“Soal jalur Pawai Budaya dan Gerak jalan indah jalurnya masih kita negosiasikan dengan tim kerja, kami masih berharap masukan sampai ada finalisasi yang disepakati, sehingga menjadi keputusan bersama, apa yang kami sampaikan terkait jalur pawai dan gerak jalan indah ini masih tentative, kita masih ada rapat pemantapan terakhir dan pada rapat terakhir nanti akan ditetapkan,” jelas Sudirman.

Sudirman mengungkap pihaknya sudah membuka pendaftaran untuk lomba gerak jalan indah dan pawai Budaya yang dibuka mulai tanggal 19 September sampai dengan 19 Oktober. “Kepada calon peserta lomba silakan dating ke Dinas Pariwisata untuk mendaftar, dan silakan mempersiapkan diri dengan baik,” ujarnya.

Adapun lomba lainnya, Sudirman masih akan berkordinasi dengan Pihak Dinas Pendidikan karena Dinas Pendidikan juga memiliki agenda lomba untuk memeriahkan HUT Kabupaten Nunukan dan KORMI Nunukan Dinas Pendidikan dan KORMI Nunukan juga memiliki agenda lomba meriahkan HUT Kabupaten Nunukan di Paras Perbatasan ini,” tambahnya.

Ada yang menarik pada rapat ini, Kepala LPP RRI Nunukan Budi Suwarno mengungkapkan pihaknya juga memiliki agenda lomba dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. “Kami bekerja sama dengan KNPI akan menggelar beberapa lomba, ternyata dari lomba yang akan kami gelar ini ada kesamaan yang akan digelar Pemda, saya pikir akan lebih baik kalau kita bersinergi dan berkolaborasi,” ujarnya.

Menyikapi sejumlah masukan yang disampaikan peserta Rapat, Muhammad Amin menyambut baik dan akan melaporkan masukan itu kepada Bupati Nunukan. “Terima kasih masukannya, masukan ini akan saya laporkan ke ibu Bupati dan kita masih akan rapat pemantapan satu kali lagi untuk finalisasi persiapan kita,” jelasnya mengakhiri rapat.(*)

Keterangan foto : Sekretaris Disbudporapar Sudirman SS bersama Kabis Pemud Olah Raga H Romy Setiady SH.

Teks/Foto : Hermang B. Mirwang (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim