Sebatik, SIMP4TIK: Sebagai komitmen untuk meningkatkan indeks literasi Kabupaten Nunukan sekaligus salah satu upaya konkrit mewujudkan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan mengadakan pemilihan Duta Baca Kabupaten 2024.

Plt Kepala DPK Kabupaten Nunukan, Erlina ST MAP menyampaikan bahwa tahun 2024 target kecamatan yang dianggarkan mengikuti Duta Baca sebanyak 13 kecamatan. Namun hingga akhir pendaftaran hanya 10 kecamatan yang mendaftar.

"Kecamatan Nunukan Selatan, Sembakung dan Sembakung Atulai tidak mendaftar. Sebenarnya banyak pesertanya. Tapi karena bertepatan dengan musim liburan, jadi mereka tidak ditempat dan otomatis gugur," jelas Erlina.

Kegiatan Duta Baca ini menurut Erlina merupakan salah satu inovasi. Ia berpendapat apabila lomba dimulai dari tingkat kecamatan akan membuka peluang lebih lebar bagi peserta. Mereka juga akan mendapatkan pengalaman berlomba dulu di tingkat kecamatan sebelum masuk di tingkat Kabupaten.

"Sebenarnya kalo ditempat lain itu langsung tingkat kabupaten. Namun, kami berpikir untuk membuka kesempatan lebih luas bagi adik-adik di tingkat kecamatan. Kalau langsung tingkat kabupaten, yang daftar bisa-bisa dari Nunukan saja," bebernya.

Ia mengungkapkan para peserta yang lolos di tingkat kecamatan, akan dibiayai akomodasi, transportasi dan makan minumnya selama lomba di tingkat kabupaten.

"Rencananya nanti awal Agustus tingkat kabupaten. Semuanya kami fasilitasi. Kami ada semacam karantina untuk mereka sebelum grand final di Paras Perbatasan. Ada pembekalan untuk mereka apa yang harus dipersiapkan sebelum berlaga di grand final," ujar Erlina mengakhiri wawancara dengan tim publikasi SIMP4TIK.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS