SIMP4TIK News - Setelah Kabupaten Nunukan sebagai kampung perikanan Budidaya Rumput Laut,  Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia memberikan bantuan Kebun Bibit Rumput Laut (KBRL) kepada pembudidaya rumput laut. 

Penyerahan bantuan itu  diserahkan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid SE MM PhD di Aula Gadis I, Rabu (7/6), kepada 10 kelompok pembudidaya rumput laut sebagai upaya untuk menyediakan bibit yang berkualitas dan berkesinambungan sehingga biaya pengadaan bibit yang didatangkan dari luar daerah dapat diminimalisir.

Bupati Laura mengatakan, keberadaan Kebun Bibit Rumput Laut ini diharapkan bisa segera mengatasi kesulitan para pembudidaya yang ingin mendapatkan bibit yang bagus secara cepat, mudah dan berharga saing.

"Saya berharap kepada 10 kelompok pembudidaya yang menerima Bantuan  agar bisa mengelola bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Semoga dengan adanya bantuan ini kualitas dan kuantitas produksi rumah laut di Kabupaten Nunukan akan terus meningkat," ujarnya.

Sebelum penyerahan bantuan itu, Kepala Dinas Perikanan Nunukan Suhadi, S HUT.,M.SC melaporkan jumlah kelompok pembudidaya yang menerima bantuan sebanyak 10 Pokdakan, tujuh pokdakan dari Kelurahan Tanjung Harapan, satu pokdakan dari Kelurahan Mansapa, satu dari Kelurahan Nunukan Selatan dan satu pokdakan dari Desa Binalawan Kecamatan Sebatik Barat.

Lebih lanjut Suhadi menjelaskan, bantuan yang diterima oleh setiap kelompok adalah satu paket sarana Kebun Bibit Rumput Laut ukuran 50x50 Meter (per unit) longline berupa,  bibit rula Cottoni 100 Kg, Talu Utama, tali bentang, tali pengikat pelampung, tali pengikat bibit, pemberat beton, pelampung utama, pelampung pendukung dan pelampung bentangan.

"Kegiatan ini patut disyukuri dan dibanggakan untuk menjadi motivasi kedepannya karena dari bantuan ini diharapkan kebutuhan bibit berkualitas dapat terpenuhi sepanjang siklus budidaya," jelasnya. 

Suhadi menambahkan adanya bantuan ini  dapat menjadi energi tambahan bagi penerima agar lebih bersemangat lagi untuk melaksanakan aktivitas sehingga kita secara bersama-sama bahu membahu meningkatkan perekonomian masyarakat perikanan khususnya dan masyarakat Nunukan pada umumnya. (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS