Nunukan, SIMP4TIK – Warga Nunukan dari berbagai wilayah memadati jalan -jalan protokol yang ingin menyaksikan Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 25 Kabupaten Nunukan, Sabtu (20/07/2024).

Walau dibawah terik matahari, warga antusias menyaksikan langsung ratusan peserta menampilkan kreasi mereka dengan balutan pakaian adat daerah nusantara, baik yang kelompok pejalan kaki dan kendaraan hias.

“Senang walau panas, saya dan teman teman bisa melihat ragam budaya yang ada di Nunukan, serta beberapa ikon yang ditampilkan dalam bentuk miniatur Tugu Alun-alun, tugu Garuda Sebatik, rumah adat dan lain sebagainya, sangat meriahlah kami melihatnya”, ungkap salah satu warga bernama Nova.

Ketua panitia pelaksana Pawai Budaya , Sudirman menjelaskan, jumlah peserta yang ikut serta dalam pawai Budaya ini sebanyak 100 kelompok dengan menampilkan kreativitas kebudayaan.

“Peserta ada dari Sekolah Dasar (SD) sebanyak 23 kelompok, SMP 10 kelompok, SMA 5 kelompok, dan peserta umum sebanyak 44 kelompok," terang Sudirman.

Sudirman yang juga Sekretaris Disbudporapar Kabupaten Nunukan lebih jauh menjelaskan, selain kelompok pejalan kaki dari kelompok sekolah dan umum ada kelompok kendaraan hias sebanyak 18.
 
“Untuk peserta kendaraan hias ada 18 kendaraan yang didominasi dari perwakilan instansi Pemkab Nunukan," ujarnya.

Untuk peserta pejalan kaki dan kendaraan hias yang ikut pada Pawai Budaya tahun 2024 ini semua dinilai dan akan ditentukan pemenangnya oleh para juri dari Disbudporapar, Satgas Pamtas, guru serta seniman.

“Ada 5 orang juri yang akan menilai dari keberagaman kebudayaan, barisan, kekompakan, kedisiplinan dan semangat mulai dari start hingga finish, dan paling utama adalah kreatifitas sesuai tema dengan tetap berpedoman dengan kesopanan dan keunikan," terangnya lagi.

Para pemenang nantinya juga terbagi beberapa kategori, SD, SMP, SMA, Umum dan kendaraan hias, mulai juara harapan hingga juara 1.

“Sebagai motivasi setiap kategori ada 4 pemenang, Juara Harapan, Juara 3, Juara 3 dan juara 1, masing-masing kelompok atau regu akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan jutaan rupiah," tutur  Sudirman.

Sebelumnya Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Nunukan ke-25 tahun 2024 dilepas oleh Wakil Bupati Nunukan, Hanafiah.

Peserta berjalan kaki menempuh jarak lebih kurang 3,2 KM, dengan mulai start di depan pelabuhan Tunon Taka, melewati  Jl.Tien Suharto – Jl. Ahmad yani Alun-alun – finish di Jl. Bahari Tanah Merah, disambut Bupati Nunukan bersama Forkopimda.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom