Nunukan, SIMP4TIK - Ikatan Pemuda Bubuhan Banjar (IPBB) Nunukan sukses menggelar festival kuliner khas suku Banjar di Taman Baca Adil, Minggu (27/10/2024). Tercatat 1000 voucher yang disiapkan, ludes terjual.

Ketua Ikatan Pemuda Bubuhan Banjar (IPBB) Nunukan, Asrul Syamsul Masri, menyatakan rasa syukur atas antusiasme warga yang tinggi terhadap acara ini. 

Ia menjelaskan panitia awalnya menyiapkan 500 voucher makanan dengan harga Rp 25.000 per lembar, namun karena permintaan yang melimpah, jumlah voucher ditambah menjadi 1.000. "Kami khawatir Acil (Tante, red), yang memasak akan kewalahan, jadi kami batasi," ujar Asrul.

Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, turut hadir dan memberikan dukungannya. Ia mendorong suku-suku lain untuk menyelenggarakan kegiatan serupa demi memperkenalkan budaya dan kuliner secara luas, serta mendukung pertumbuhan UMKM di daerah. 

"Kegiatan seperti ini bisa diagendakan sebulan sekali. Bisa disini (Taman Baca, red) atau di GOR atau dimana lah," katanya. Bupati Asmin juga mengungkapkan kecintaannya pada soto Banjar, terutama yang terbuat dari ayam kampung.

Festival ini tidak hanya menyajikan kuliner, tetapi juga menampilkan tarian dan lagu-lagu khas Banjar, menciptakan suasana yang hangat dan penuh kebersamaan. Kehadiran kepala OPD dan sejumlah undangan menambah semarak acara, menjadikannya momen penting dalam memperkuat ikatan komunitas dan mendorong kemajuan ekonomi lokal.

Dengan suksesnya festival ini, IPBB Nunukan berharap dapat terus menggelar acara serupa untuk mendukung dan meningkatkan UMKM orang Banjar yang ada di Nunukan, menjadikan kuliner Banjar semakin dikenal dan dicintai oleh semua kalangan.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS