Nunukan, SIMP4TIK- Sebanyak 13 Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) resmi mendapatkan hasil akreditasi Paripurna dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI). Predikat ini merupakan predikat yang tertinggi diantara seluruh kategori dalam penilaian akreditasi.

Akreditasi yang di berikan berdasarkan Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia nomor HK.01.07/MENKES/165/2023 Tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan, Miskia, S.Si.Apt, Senin (29/1/2024).

Selain dari 13 UPT Puskesmas yang yang memperoleh hasil Paripurna, ada empat UPT Puskesmas yang memperoleh hasil Akreditasi Utama, dan satu UPT Puskesmas yang memperoleh hasil Akreditasi Madya.

Hasil akreditasi berlaku selama lima tahun dan di tandatanggani secara elektronik oleh Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Azhar Jaya SH,SKM,MARS.

"Dengan capaian akreditasi ini, kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim Pembina cluster binaan (TPCB), serta seluruh tim UPT Puskesmas Kabupaten Nunukan yang telah bekerja dengan baik sehingga dapat memperoleh hasil akreditasi," ujar Miskia.

Miskia berharap dengan adanya hasil akreditasi ini untuk tidak berpuas diri, sehingga terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Berikut ini dari 18 UPT Puskesmas di Kabupaten Nunukan yang mendapatkan hasil paripurna, utama, dan madya di tahun 2024.

Untuk Hasil Akreditasi UPT PUSKESMAS Paripurna yakni, UPT Puskesmas Nunukan, UPT Puskesmas Nunukan Timur, UPT puskesmas Sedadap, UPT puskesmas Sei Manggaris, UPT Puskesmas Mansalong, UPT Puskesmas Atap, UPT Puskesmas Sanur, UPT Puskesmas Setabu, UPT puskesmas Pembeliangan, UPT Puskesmas Sei Nyamuk, UPT Puskesmas Sei Taiwan, UPT Puskesmas Aji Kuning, UPT Puskesmas Long Layu.

Sedangkan untuk hasil akreditasi UPT PUSKESMAS Utama, yakni UPT Puskesmas Binusan, UPT Puskesmas Setara, UPT Puskesmas Binter, UPT Puskesmas Long Bawan. Dan Hasil Akreditasi UPT Madya yakni, UPT Puskesmas Tanjung Harapan.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS