SIMP4TIK News –  Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM  (Disperindagkop dan UKM) Provinsi Kalimantan Utara, bersama Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan, kembali bekerjasama memfasilitasi kegiatan Sosialisasi Bimbingan Teknis Diversifikasi Olahan Rumput Laut di Sentra IKM Rumput Laut di Kabupaten Nunukan bertempat di Ballroom  Hotel Lenfin Nunukan,  Selasa (14/11).

Kegiatan Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Industri Rahmatia, SE, mewakili  kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Utara.

Dalam laporannya sebagai ketua panitia  Mutazir, ST mengatakan tujuan kegiatan ini adalah agar dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Nunukan sehingga dapat mengelolah sumber daya alam yaitu Rumput Laut untuk dijadikan produk khas daerah dengan beraneka ragam dan macam hasil produksi.  

Sasaran atau peserta bimtek adalah pelaku IKM yang mengelolah rumput laut sebanyak 20 IKM.  Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 14 sampai dengan 16 November 2023, dengan sumber anggaran dari  DIPA APBN Satuan Kerja Dekonsentrasi (Disperindagkop dan UKM) Provinsi Kalimantan Utara.

Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Utara dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kepala Bidang Industri Rahmatia, SE mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari salah satu program pemerintah dalam pemulihan Ekonomi Nasional.

"Kegiatan ini mendukung program prioritas nasional yaitu percepatan penggunaan produk dalam negeri dan cinta produk dalam negeri,   yang mana kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal khususnya berbasis sumber daya alam," tegasnya.

Dilaksanakannya Bimtek Diversifikasi olahan rumput laut di Nunukan dengan alas an Kabupaten Nunukan merupakan penghasil tersesar rumput laut di Kalimantan Utara,   sehingga diharapankan  para pelaku IKM dapat mengolah potensi  rumput laut yang ada menjadi produk jadi atau produk setengah jadi, yang kemudian dapat meningkatkan pendapatan  dan tidak menimbulkan kerugian walaupun harga harga jual rumput laut  tidak stabil.

Mengingat betapa pentingnya peran IKM dalam menunjang perekonomian masyarakat sehingga diharapkan dengan didatangkannya Narasumber yang ahli dalam divesifikasi olahan rumput laut  yaitu dari Lombok Nusa tenggara Barat dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh peserta dalam menambah pengetahuan tentang bagaimana  diversifikasi olahan rumput laut  yang dapat meningkatkan pendapatan.     (Yuliana, SP. M.A.P) Tim Publikasi Simp4tik Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan).

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom