SIMP4TIK  NEWS –  Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan melaksanakan pelatihan Pengemasan Garam Krayan  bertempat di Kantor Desa Pa’Kebuan Kecamatan Krayan Timur, Senin (30/09/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala DKUKMPP dan dihadiri oleh Sekretaris desa, staf desa dan beberapa tokoh masyarakat Desa Pa'Kebuan.

Kepala DKUKMPP Sabri, ST. M.Si mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) garam tentang pentingnya pengemasan untuk meningkatkan daya jual dan memberikan identitas atas produk yang dihasilkan, sehingga  secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan para pelaku IKM  garam Pa’Kebuan.

Narasumber kegiatan pelatihan ini adalah narasaumber lokal yang ada di DKUKMPP yaitu Kepala Bidang Perindustrian Muhammad Nur, S.SOS dan Pejabat fungsional Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Herlina, SH dan Maria Raimunda, SS.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pendaftaran perijinan bagi pelaku IKM garam diantaranya pendaftaran NIB  di akun OSS dan juga di SIINAS.

Ketua kelompok IKM Garam, Martinus sangat berterima kasih atas pelatihan yang dilaksanakan oleh DKUKMPP. "Selama ini dalam pengemasan garam kami lakukan secara manual dan tidak diberikan label sama sekali sehingga tidak ada ciri khas yang menandakan itu garam yang diproduksi oleh Desa Pa’Kebuan," ujarnya.

Dari hasil diskusi dengan pelaku IKM rumah produksi garam di Desa Pa’kebuan dapat memproduksi garam gunung paling sedikit  1 ton perbulan. Hal ini merupakan potensi besar untuk dikembangkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di Desa Pa’kebuan.

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Asa Zumara, SS