Nunukan, SIMP4TIK - Pemerintah Kabupaten Nunukan, melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan akan membangun / rehab rumah tak layak huni di sejumlah kecamatan pada tahun 2024. 

Disampaikan Kepala Disperkimtan Alimuddin, pihaknya memiliki  program rehab RTLH  tahun ini sebanyak 70 unit rumah milik masyarakat tidak mampu yang berada di beberapa kecamatan Kabupaten Nunukan.

"Tahun ini pemda akan merehab sekitar 70 unit rumah. Dengan total anggaran mencapai Rp1,4 Miliar, satu unit rumah mendapatkan anggaran sebesar Rp20 juta," ujar Alimuddin, Rabu (28/2/2024).

Dikatakan Alimuddin, selain dari anggaran daerah, Kabupaten Nunukan juga mendapatkan kuota bantuan rehab RTLH dari pemerintah pusat sekitar 250 unit rumah. 

Bantuan tersebut dikelola melalui Balai Penyedia Perumahan yang berada di kota Tarakan setelah dilakukan diverifikasi oleh Disperkimtan Kabupaten Nunukan sebagai pemberi usulan pertama selanjutnya verifikasi teknis atau finalnya di kementerian.

"Isunya kita akan mendapatkan bantuan rehab RTLH sekitar 250 unit rumah dari pemerintah pusat yang pekerjaannya akan dikelola mereka langsung," tambahnya.

Sementara untuk kriteria yang mendapatkan bantuan ini harus tercatat di RTLH supaya bantuan tersebut tepat sasaran dan  manfaatnya. 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim