Nunukan, SIMP4TIK – SIINas merupakan singkatan dari Sistem Informasi Industri Nasional, adalah platform digital yang dirancang untuk mendukung dan memperbaiki pengelolaan data serta informasi terkait industri di tingkat nasional.

Sistem ini dibangun dengan tujuan utama untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas dalam administrasi industri, terutama untuk industri kecil dan menengah (IKM).

Sosialisasi SIINas di Kabupaten Nunukan dilaksanakan di Ballrom Hotel Marvel dan di buka oleh Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan, Jumat (13/09/2024).

Muhammad Nur, saat membuka acara tersebut berharap agar semua peserta pelatihan ini dapat mengikuti sosialisasi dengan sebaik-baiknya, karena selain untuk menambah wawasan dan dapat memiliki akun SIINas industri kecil, juga dengan terdaftarnya dalam akun SIINas nantinya para pelaku IKM dapat mengajukan TKDN IK bagi industri kecil.

Ditempat yang sama, Rahmatia, dalam laporannya sebagai ketua panitia mengatakan biaya penyelenggaraan sepenuhnya dibebankan pada DIPA APBN Satuan Kerja Tugas Pembantuan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara Tahun Anggaran 2024, pada Program Pendataan IKM Kalimantan Utara.

Dengan  tujuan penyelenggaraan sosilaisasi SIINAS adalah agar pemerintah memiliki data yang akurat dalam mengambil arah kebijakan pembangunan industri kecil menengah.

Lanjut menurut Rahmatia, narasumber kegiatan ini adalah Dinas Provinsi Kalimantan Utara yang telah mengikuti kegiatan Bimtek Optimalisasi Pendataan Industri Kecil melalui SIINas di Tanggerang pada Bulan Maret 2023 dan 2024.

Peserta yang mengikuti sosialisasi berjumlah 30 industri kecil yang ada di Kabupaten Nunukan dan belum terdaftar SIINas, dan setelah penyampaian materi sosilaisasi, langsung dilakukan pendampingan pendaftaran bagi pelaku IKM yang belum terdaftar dalam akun  SIINas.(*)

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom