SIMP4TIK News  – Sebanyak 30 pelaku Usaha yang bergerak di bidang kuliner di Nunukan,  mengikuti kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang di laksanakan oleh  Dinas Koperasi usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 12-13 Juni 2023 di Paras Perbatasan jalan lingkar Nunukan.

Kegiatan ini sejatinya adalah kegiatan pendampingan terhadap para pelaku UMKM melalui pelatihan keamanan pangan. Bertujuan agar pelaku penjamah makanan/pengolah makanan memiliki pengetahuan dan mampu menerapkannya terkait kebersihan dan kesehatan makanan.

"Melalui penyuluhan ini kami berharap para pelaku usaha kuliner ini mengetahui dan menerapkan   personal hygine terkait pengolahan  makanan yang diproduksi lebih aman  serta dapat meminimalkan resiko tercemarnya makanan sehingga kejadian keracunan pangan dapat diminimalisir," jelas Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian H syamsul Daris SE. 

Menurut Syamsul, output   kegiatan pelatihan PKP  berupa Sertifikat  keamanan pangan, yang dapat digunakan untuk melengkapi persyaratan untuk mengurus Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)

“Pada kesempatan ini juga selain  kegiatan pelatihan PKP juga akan dilaksanakan Sosialisasi Perijinan Berusaha (OSS),  Sosialisasi Pendaftaran Pelaku Usaha di LPSE, Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, Sosialisasi Qris dan Sosialisasi P3DN," ujarnya.

Kegiatan  Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP)  dibuka secara resmi oleh Kadis DKUKMPP Kabupaten Nunukan   Sabri, ST. M.Si. 

Sabri mengungkap setiap tahun DKUKMPP selalu menganggarkan kegiatan penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku UMKM, dengan harapan agar para pelaku memiliki pemahaman dasar tentang keamanan pangan  agar bisa meningkatkan mutu produk yang mereka hasilkan.

Sabri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada nara sumber yang berkenaan hadir sekaligus menyampaikan materi sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. 

“Saya menyampaikan ucapan berterima kasih kepada para narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan pelatihan ini,  pada  Dinas Kesehatan, Dinas PTSP, Bagian LPSE Setda, Bank Kaltimtara Kantor Cabang Nunukan dan dari BPJS Ketenagakerjaan," katanya.(*)

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim