Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara mengadakan kegiatan pendampingan sertifikasi kompetensi pemandu wisata pada tanggal 29-30 Mei 2024 di Hotel Harmonis, Tarakan. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltara beserta jajarannya, Dewan Perwakilan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPD HPI) Kaltara, dan Lembaga Sertifikasi Profesi Gunadharma Utama. 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltara, Njau Anau. Dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya pemandu wisata untuk memiliki sertifikat kompetensi.

Selanjutnya Njau juga menyampaikan bahwa pemandu wisata di Provinsi Kaltara diharapkan selain menguasai teknik kepemanduan juga dapat menyampaikan nilai-nilai adat, sejarah, dan budaya yang ada di wilayah Provinsi Kaltara.

"Saya berharap para pemandu wisata memiliki kemampuan komunikasi, bahasa asing, manajerial, story telling, dan pengetahuan sejarah," tutur Njau Anau.

Peserta sejumlah 40 orang mengikuti pembekalan materi praktek dan materi uji dihari pertama yang kemudian dilanjut uji kompetensi pada hari kedua. Peserta merupakan anggota HPI, pengusaha travel, komunitas pariwisata dan staf dinas pariwisata. 

Mengutip data HPI Kaltara terdapat 340 pemandu wisata di seluruh provinsi Kaltara. Banyak yang belum memiliki sertifikat kompetensi, adapun beberapa diantaranya telah memiliki sertifikat namun perlu perpanjangan sertifikat yang sudah expired.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS