SIMPATIK NEWS- Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nunukan, Zulkifli,S.Sos menyambut dan sekaligus memberikan pengarahan kepada   43 pelajar terbaik di Kabupaten Nunukan,  Senin (01/8). 

Anggota Paskibrata itu lolos dalam seleksi  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Upacara Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Nunukan tahun 2023 di Gedung Diklat  BKPSDM. 

Zulkifli menyampaikan  dasar pembentukan Paskibra Kabuten Nunukan. Paskibra Kabupaten Nunukan dibentuk berdasarkan surat  Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan Nomor P.141.BakesbangPol-II/019.1 perihal pemberitahuan Hasil seleksi PASKIBRAKA Kab.Nunukan Tahun 2023. 

Keputusan ini mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Peraturtan BPIP Nomor 3 Tahun 2023 tentang PelaksnaanPeraturan Presiden No 51 Tahun 2022. 

Setelah melalui tahap seleksi, ada 43  peserta yang beruntung terpilih sebagai Paskibraka Tingkat Kabupaten Nunukan Tahun 2023. Dari jumlah tersebut 43 peserta yang akan mengikuti pelatihan Pasikibraka Tingkat Kabupaten Nunukan tahun 2023.

Mereka berasal  dari SMA Negeri 1 Sebatik, SMA Negeri 1 Nunukan Selatan,SMA Negeri 1 Seimanggaris, SMA Negeri 1 Nunukan, SMA Negeri 1 Lumbis, SMAIT Ibnusina Boarding School Nunukan,SMA Negeri 1 Sebatik tengah, SMA Negeri 1 Krayan Selatan, SMA Negeri 1 Krayan. 

Selain itu, peserta Paskibra Kabupaten Nunukan juga SMA Negeri 1 Sebatik Barat, SMAK Frateran ST.Gabriel Nunukan, SMA Negri 2 Nunukan Selatan, SMA Negeri 1 Sebuku, SMA Negeri 1 Srbatik barat, SMA Kesehatan, MA AL IKLAS Nunukan, SMA Negeri 1 Sembakung, dan SMK Negeri 1 Semabakung Atulai.

Zulkifli berharap kegiatan pembinaan dan pelatihan Paskibraka Tingkat Kabupaten Nunukan ini dapat memberikan bekal dan pengetahuan yang cukup bagi peserta. Sehingga mereka dapat tampil gemilang saat melaksanakan tugas dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 RI tingkat Kabupaten Nunukan.

Ia juga berpesan agar para peserta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai patriotisme dan semangat cinta tanah air dalam setiap langkah mereka sebagai putra-putri terbaik bangsa.

”Banggalah menjadi Paskibraka karena tidak semua mendapat kesempatan. Adik-adik mendapat kesempatan karena disiplin dan memenuhi syarat,” pesan Zulkifli.

Pembinaan dan pelatihan Paskibraka ini akan  dimulai sejak 01 Agustus  2023 hingga 18 Agustus 2023. Para peserta menjalani proses karantina dalam kurun waktu tersebut untuk memastikan mereka siap mengemban tugas mulia sebagai pengibar bendera pada peringatan HUT RI tingkat Kabupaten Nunukan.

Kegiatan ini didukung oleh sejumlah unsur pelatih yang berpengalaman. Terdapat 3 orang pelatih yang akan membimbing para peserta selama proses pembinaan dan pelatihan. Dari ke tiga  pelatih tersebut, 1 orang dari TNI AL, 1 orang dari Kodim 0911/NNK, dan 1 orang merupakan Polres Nunukan.(*)

Teks/Foto : Bambang Sulistyono, S.IP (Tim Publikasi BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim