Nunukan, SIMP4TIK – Beredar kabar tentang adanya Gajah Kalimantan yang kembali terlihat masuk ke areal pemukiman warga.

Gajah Kalimantan yang habitat utamanya di Kecamatan Tulin Onsoi yang berbatasan langsung dengan wilayah Sabah, Malaysia, tersebut dikabarkan terlihat belum lama ini masuk di pemukiman warga di Desa Naputi sebanyak 5 ekor.

Namun kepastian keberadaan kawanan gajah tersebut datang kembali setelah 6 tahun lalu, belum bisa dipastikan kebenarannya.

Saat di konfirmasi kepada Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, akui belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut dari pihak kecamatan ataupun desa setempat.

“Belum ada informasi kepada saya terkait adanya gajah yang masuk di pemukiman warga, nanti kami akan menelusuri kebenarannya kepada jajaran kami,” ucap Laura, Rabu, (10/7/2024).

Tidak hanya Bupati, pemerintah setempat, Camat Tulin Onsoi Cristoforus saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, mengatakan juga tidak mendengar dan mendapatkan informasi terkait gajah yang masuk di pemukiman warga.

“Kami belum menerima laporannya, nanti akan kami telusuri apakah benar ada gajah yang masuk di pemukiman warga, namun laporan terkait adanya pengrusakan lahan akibat gajah yang masuk kami belum terima,” tuturnya. Kamis, (11/07/2024).

Senada dengan itu Kepala Desa Naputi, Singkawot, menegaskan bahwa tidak ada gajah yang masuk ke pemukiman desa, seperti kabar yang beredar.

“Tidak ada warga kami yang melihat dan melapor bahwa ada Gajah yang masuk di pemukiman desa, disini aman tidak ada gajah,” imbuhnya.

Foto gajah saat ditemukan 6 tahun lalu di wilayah sebuku

sumber foto : https://id.pinterest.com/arifuddin240/

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom