Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Gunadharma Utama menggelar sertifikasi kompetensi pemandu wisata pada 29-30 Mei 2024 di Hotel Harmonis, Tarakan.

Peserta uji kompetensi tersebut berasal dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Utara. Tercatat 7 orang pemandu wisata dari Kabupaten Nunukan mengikuti kegiatan tersebut.

Harliah, salah satu peserta dari Kabupaten Nunukan menerangkan bahwa sebelumnya tercatat 12 orang dari Kabupaten Nunukan yang akan mengikuti kegiatan dimaksud. 

"Sebelumnya ada 12 pemandu. Namun karena satu dan lain hal yang fix berangkat ada 7. Alhamdulillah semuanya dinyatakan kompeten. Jadi istilahnya bukan lulus atau tidak lulus. Tapi kompeten dan belum kompeten," ujarnya kepada tim publikasi SIMPATIK.

Setelah peserta pemandu wisata dinyatakan kompeten, mereka akan mengikuti kegiatan lanjutan yakni Training of Trainer (ToT) yang akan digelar di Tanjung Selor bulan depan.

"Kegiatan ToT nanti anggaran APBN. Jadi semuanya difasilitasi. Beda dengan kegiatan di Tarakan ini. Hanya ditanggung transportasi lokal dan makan minum selama kegiatan. Diluar itu bayar pribadi," jelas Harliah.

Ia membeberkan ketujuh peserta pemandu wisata tersebut berasal dari berbagai latar. Mereka adalah Harliah (Disbudporapar), Abu Saman (Disdamkar), Adi Putra (PT Pelni), Asa Zumara (Diskominfo), Nurfatimah (RA/TK Fatimah), Arswandi (swasta), dan Rici Sugianto (Nunukan Bara Sentosa Satu).

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS