SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD membuka launching bantuan CSR pasang baru listrik bersubsidi dari Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, bertempat di Aula Gadis 1, Senin (5/6). Sesuai pendataan dan laporan dari camat dan masyarakat yang belum mendapat bantuan listrik terdapat 84 rumah yang dibagikan meteran saat ini. Jumlah ini baru satu kecamatan yakni Nunukan Selatan. 

Dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik masyarakat kurang mampu di Kabupaten Nunukan melalui bantuan ini jumlah kepala keluarga yang rumahnya belum memiliki meteran listrik akan semakin berkurang, Laura berharap setelah memiliki meteran listrik sendiri dapat memanfaatkan listrik untuk hal-hal yang produktif dan mampu meningkatkan kesejahteraannya masing-masing.

“Untuk persoalan listrik kita di Kabupaten Nunukan ini hampir dapat Saya pastikan bahwa untuk kewenangan kita di pemerintah daerah ini tidak ada. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah memfasilitasi masyarakat kita ke tingkat provinsi maupun ke pemerintah pusat dan alhamdulillah kita sudah mengajukan surat kepada pemerintah pusat melalui proses pendataan dan verifikasi dari kecamatan untuk kita teruskan ke pemerintah pusat. Saya mendapat laporan ke pak camat kalau bantuan ini sudah tiba dan segera akan dipasang kerumah masyarakat yang sudah di daftar. Jadi ini sebagai bentuk upaya kerja keras kita di daerah meskipun ini bukan kewenangan kita untuk mendapatkan bantuan listrik ini dari kementerian terkait," tegas Laura.

Bupati berharap bantuan CSR ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Nunukan. Mudah-mudahan bantuan ini juga bisa berlanjut tidak sampai disini saja karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan seperti ini.

Ferry Kurniawan selaku Kepala PLN mengatakan, atas bantuan ini bisa memberi manfaat yang besar khususnya kepada masyarakat kabupaten Nunukan. Ia juga berharap senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Nunukan untuk membangun serta memajukan Kabupaten Nunukan. Pada prinsipnya PLN senantiasa mendukung program CSR untuk menopang dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

“Di Kabupaten Nunukan ini panjang jaringan aliran listrik PLN bila dibentangkan jumlahnya ada 60 kilo meter sirkuit. Bukan pekerjaan yang mudah untuk menjaga kehandalan jaringan listrik tersebut. Untuk itu kami memohon dukungan dan doanya agar kami di PLN bisa diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjaga pasokan listrik," tegas Ferry.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS