SIMP4TIK News - Pelaksanaan Musrembang Kewilayahan di Pulau Sebatik pada Selasa (31/1) memaparkan 87 usulan Kecamatan hasil musrembang kecamatan. 87 usulan itu  adalah Kecamatan Sebatik 14 usulan, Kecamatan Sebatik Tengah 17 usulan, Kecamatan Sebatik Timur 19, Kecamatan Sebatik Utara 21 usulan dan kecamatan Sebatik Tengah  16 usulan.

Dari sisi prioritas pembangunan usulan-usulan itu terbagi atas pemulihan ekonomi 5 usulan, Peningkatan Kualitas SDM 13 usulan, infrastruktur dasar 60 usulan, perlindungan sosial 1 usulan, mitigasi bencana 3 usulan dan lingkungan hidup 5 usulan.

“87 usulan ini adalah hasil Musrembang Kecamatan dan sudah terdaftar dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Kemendagri yang dibahas dalam forum Musrembang Kewilayahan ini,” ungkap  Kepala Bappeda dan Litbang Nunukan saat menyampaikan l;aporan pada pembukaan Musrembang Kewilayahan se pulau Sebatik.

Beberapa program yang dibahas yang menurut pertimbangan Tim Bappeda sangat prioritas juga didukung penyampaian aspirasi anggota DPRD dan tokoh masyarakat. Diantaranya beberapa ruas jalan yang perlu ditingkatkan agar dapat mempermudah akses masyarakat, pengangkutan sampah, pelayanan kependudukan, Kesehatan dan Pendidikan serta siding isbat untuk warga yang belum memiliki buku nikah.

Meskipun tidak semua usulan dibahas pada forum ini, Iwan Kurniawan mengharapkan usulan-usulan itu tetap diharmonisasi dalam rencana kerja perangkat daerah. “Inilah fungsinya kita melakukan Musrembang Kewilayahan ini agar Perangkat Daerah bisa melihat dan mendengarkan dan menjawab secara langsung usulan masyarakat selanjutnya dapat dimasukkan dan Rencana Kerja perangkat daerah,” katanya.

Musrembang kewilayahan berlangsung dinamis, terbuka dan dialogis. Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD, Wakil Ketua DPRD Kaltara H Andi Muhammad Akbar M Juarzah SE MM, anggota DPRD Kaltara Muhammad Khoiruddin SPDi, anggota DPRD Nunukan pemilihan Sebatik Muhammad Burhanuddin SHi MM, Hamsing SPi, Hj Nursan SH, Hj Nikmah dan Andre Pratama serta seluruh Kepala Perangkat Daerah bertahan hingga acara selesai.

Hasil musrembang kewilayahan ini ditandatangani oleh seluruh undangan yang hadir untuk  selanjutkan akan dibawa ke forum tingkat Kabupaten Nunukan yaitu forum Perangkat Daerah.(*)

Foto : Andi Suharto Dick (Bappeda) Sain SE (Diskominfo)

Teks : Kahar A. Tokkong