SIMP4TIK News - TNI Angkatan Laut (AL) bersama sejumlah komponen masyarakat menggelar acara gerakan Nasional Laut Bersih (Gernaslasih) dalam rangka HUT TNI AL Ke-77. Acara tersebut dipusatkan di Desa Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan, Rabu (7/9).

 

Kegiatan  bersama Laut Bersih ini diselenggarakan sebagai bentuk edukasi untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah langsung dari sumber, dengan target lingkungan di sekitar akan menjadi bersih dan asri.

 

Mewakili Bupati Nunukan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Suhadi,S.Hut,M.Si hadir dalam acara Gerakan Nasional Laut Bersih ini. Dalam sambutan Bupati yang dibacakannya dikatakan salah satu penghasil rumput laut terbesar di Indonesia adalah Kabupaten Nunukan. Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mengakui bahwa Kampung Mamolo sekarang menjadi Kampung Budidaya Rumput Laut.

 

"Artinya 300 lebih kabupaten/kota di Indonesia hanya 13 kabupaten yang dijadikan kampung budidaya rumput laut. Salah satunya yang berada di kampung Mamolo Nunukan Selatan dan di pulau Kalimantan khususnya ada di Nunukan," kata Suhadi.

 

Suhadi berharap kebersihan pantai  ini menjadi faktor utama untuk keberlangsungan laut kedepan. Ia juga menyampaikan bila kebersihan tidak terjaga maka penyakit dan virus akan masuk dengan cepat.

 

Lebih lanjut Komandan Lanal Nunukan Letkol Arief Kurniawan Hertanto,S.H mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan Laut Bersih merupakan edukasi buat masyarakat agar tidak terbiasa membuang sampah sembarangan. Disampaikan bahwa dengan membuat laut kembali bersih maka bisa mendukung kegiatan dari segi perekonomian, transportasi dan kesehatan.

 

"Kita sudah kenal kampung Mamolo yakni penghasil rumput laut terbesar di Nunukan dan bahkan penghasil rumput laut terbesar di Indonesia. Sangat disayangkan bila kondisi lingkungan hidup tidak mencerminkan suatu daerah yang sukses dam makmur. Melalui kegiatan ini intinya kami mendorong kepada seluruh masyarakat untuk budaya hidup bersih dengan cara membuang sampah pada tempatnya," ujar Letkol Arief.

 

Turut hadir pada acara tersebut Forkopimda Kabupaten Nunukan, Instansi Vertikal Kabupaten Nunukan, Camat Nunukan Selatan, tokoh masyarakat, serta ketua asosiasi pedagang rumput laut Kabupaten Nunukan. (*)

Teks/Foto : Tan

Editor : Tus

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : Asa Zumara, SS