SIMP4TIK News - Guns  mempersiapkan peserta Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan melaksanakan Training Center (TC) bagi peserta.

Acara pembukaan TC Jamnas di Perumahan DPRD, Jalan Ujang Dewa Sedadap, Senin (8/8) oleh Wakil Bupati Nunukan, H. Hanafiah. Sebanyak 16 orang anggota Pramuka Penggalang, rinciannya delapan putra dan delapan putri, merupakan perwakilan dari 14 SMP/MTs se-Kabupaten Nunukan. Mereka terpilih mewakili sekolah masing-masing.

Mereka terpilih dari hasil seleksi tingkat Gugusdepan dan Kwartir Ranting. 14 sekolah dimaksud, yaitu SMPN 1 Nunukan, SMPN 2 Nunukan, SMP IT Ibnu Sina Nunukan, SMPN 1 Nunukan Selatan dan SMPN 2 Nunukan Selatan. Kemudian SMPN 2 Sebatik, SMP Mutiara Bangsa Sebatik, MTs. As’adiyah Sungai Nyamuk, SMPN 1 Sebatik Utara dan SMPN 1 Sebatik Tengah. Lalu SMPN 1 Sebatik Barat, SMPN 2 Sebatik Barat, SMPN 1 Seimenggaris dan SMPN 1 Lumbis.

Pembina Pendamping Peserta Jambore Nasional XI, Arman mengatakan, TC akan dilaksanakan selama 4 hari. Mulai tanggal 7 hingga 10 Agustus 2022. Secara umum, materi TC antara lain simulasi mendirikan tenda, pioneering, kehidupan berkemah, baris berbaris, simulasi mengikuti kegiatan di arena Jamnas serta pengetahuan tentang Nunukan dan Kalimantan Utara.

“TC ini kita simulasikan seperti pelaksanaan Jamnas di Cibubur nanti. Kita berpedoman dengan petunjuk teknis Jamnas dari Kwartir Nasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Arman, dalam TC ini bagaimana adik-adik peserta bisa menyatu dalam sebuah kontingen Nunukan. Karena mereka berasal dari sekolah yang berbeda-beda, sehingga diperlukan jiwa kebersamaan dan kekompakan. 

“Kan ke Jakarta ini mewakili Kabupaten Nunukan, bukan atas nama sekolah. Jadi di TC ini itu kita berikan mereka bimbingan dan pelatihan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Nunukan yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan mengatakan, peserta Jamnas yang terpilih merupakan hasil seleksi ditingkat gugusdepan bersama Kwartir Ranting. Dipastikan tidak ada unsur KKN menentukan peserta Jamnas. 

“Ini murni sesuai kemampuan adik-adik yang dinilai oleh masing-masing sekolah. Tentu yang terbaik, pasti mendapatkan hasil yang baik juga,” ujarnya.

Ia berpesan, agar peserta mengikutinya dengan baik. Kemudian selalu menjaga kesehatan dan mengikuti arahan dari Pembina Pendamping.

Sebagai informasi, dalam mengikuti Jamnas XI, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan mengikutsertakan 18 orang peserta. 1 orang Pembina Pendamping putra atas nama Arman dan Pembina Pendamping Putri atas nama Salmah. Kemudian 16 orang Pramuka Penggalang, 1 regu putra dan 1 regu putri masing-masing berjumlah delapan orang.(*) 

Teks/Foto : Tim Publikasi Kwarcab Pramuka Nunukan

Teks/Foto : Rahman Bin Laeto, S.M (Tim Publikasi DINAS KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN, DAN OLAHRAGA SERTA PARIWISATA )

Editor : Rahman Bin Laeto, S.M