SIMP4TIKNews – Kecamatan Lumbis Pansiangan yang merupakan kecamatan baru di Kabupaten Nunukan dan berbatasan langsung dengan wilayah Sabah, baru-baru ini menggelar sebuah event pemilihan duta wisata kecamatan Lumbis Pansiangan 2022.

Event ini diikuti 30 orang yang merupakan utusan desa-desa yang tergabung di Lumbis Pansiangan dan peserta undangan khusus. Peserta rata-rata masih SMP dan SMA karena untuk regenerasi, panitia membuka untuk umur 12-23 tahun, sehingga bakat-bakat yang ada mulai terdeteksi secara dini.

Acara pemilihan duta wisata di Lumbis Pansiangan sudah teragenda sejak awal sebagai milestone tindak lanjut dari program inovasi "Gerbang Satria" dengan brand Lumbis Pansiangan Gravity of Border Indonesia.

Sejak awal Pemerintah Kecamatan Lumbis Pansiangan sudah mapping tahapan-tahapan pembangunan wisata di Lumbis Pansiangan termasuk pemilihan duta wisata di Lumbis Pansiangan dimana para duta wisata terpilih sebagai frontliner yang pertama kali berinteraksi dengan para wisatawan dan juga dalam hal promosi.

“Kebetulan pula ada kegiatan di Kabupaten maka mereka yang kami kirim. Jika kami tidak kirim mereka, tahun berikutnya kami akan kesulitan cari "bibit" duta wisata. Itu karena pasti mereka tidak semangat lagi karena dibiarkan tidak dibawa ke ajang yang lebih tinggi,” tutur Camat Lumbis Pansiangan, Lumbis.

Penggagas kegiatan ini adalah Camat Lumbis Pansiangan dan selaku pelaksana yaitu Generasi Pesona Indonesia Lumbis Pansiangan (GenPI Lumbis Pansiangan) dan TP PKK Lumbis Pansiangan.

Sebelum memilih duta wisata, Pemerintah Kecamatan dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa-Desa di Lumbis Pansiangan mengadakan MOU kerjasama dengan 18 agen travel wisata Sabah bertempat di KJRI Kota Kinabalu Sabah Malaysia. Kemudian para agen travel itu bekerjasama dengan pokdarwis di Lumbis Pansiangan mengadakan Cross Border Festival secara mandiri tanpa bantuan dari pemerintah pusat sebagaimana biasanya Cross Border dilaksanakan di seluruh perbatasan Indonesia.

Maksud dan Tujuan diadakan pemilihan duta wisata di Kecamatan Lumbis Pansiangan adalah untuk mecari bakat-bakat putra-putri Lumbis Pansiangan yang memiliki sumberdaya yang baik. Sehingga mereka sendiri mampu menjadi ikon Lumbis Pansiangan serta mampu menjadi pembicara dan membagikan informasi tentang potensi pariwisata yang ada di Kecamatan Lumbis Pansiangan kepada masyarakat luas baik dalam negeri maupun luar negeri. Terutama kepada negara jiran sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi daerah pariwisata di Lumbis Pansiangan.

Disamping itu mereka juga sekaligus duta yang mempromosikan brand Gerbang Satria Lumbis Pansiangan sebagai upaya menjadikan Lumbis Pansiangan menjadi Gravity of Border Indonesia atau dengan bahasa sederhana menjadikan Lumbis Pansiangan sebagai pusat gravitasi aktivitas ekonomi, budaya dan brand lokal di Perbatasan Indonesia.

 

Teks: Asa Zumara (Tim Publikasi Dinas Kominfotiksan)

Sumber Foto dan berita: Camat Lumbis Pansiangan

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS