SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD memberi instruksi kepada seluruh Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Nunukan untuk mengoptimalkan penggunaan produksi dalam negeri pada pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah. 

Imbauan itu  merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan Koperasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia  pada pelaksanaan barang dan jasa pemerintah.

“Imbauan ini bertujuan untuk menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan barang dan jasa pemerintah,” katanya.

Bupati mengakui perlu mengeluarkan instruksi mengingat program ini adalah instruksi Presiden yang harus didukung agar dapat mencapai tujuan. yaitu optimalnya penggunaan produksi dalam negeri. Pemerintah daerah, katanya, telah membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) lingkungan Pemerintah Daerah sebagai bentuk keseriusan menindaklanjuti instruksi Presiden tersebut. 

“Setiap pekan Tim P3DN melakukan evaluasi kepada seluruh perangkat daerah terkait penggunaan produksi dalam negeri di lingkungan perangkat daerah dan langsung dilaporkan kepada Bupati selaku penanggungjawab,” katanya.

Ada tiga poin Intruksi Bupati tentang P3DN. Pertama, menginstruksikan kepada kepala perangkat daerah dalam merencanakan, mengalokasikan dan merealisasikan paling seikit 40% nilai anggaran belanja barang/jasa untuk menggunakan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi dari hasil produksi dalam negeri.

Kedua, memerintahkan kepada kepala perangkat daerah untuk belanja produk dalam negeri melalui katalog local dan mengajak pelaku usaha mikro, usaha kecil dan Koperasi untuk menayangkan pada katalog local Kabupaten Nunukan.

Instruksi ini menurut Bupati selain bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri juga sebagai wujud nasionalisme cinta tanah air. “Ayo bangga menggunakan buatan Indonesia,” ajaknya.(*)

Teks/Foto : Hermang B. Mirwang (Tim Publikasi RSUD NUNUKAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim