SIMP4TIK News - Camat Sebatik Barat Hj Ramsyidah SKM MM memantau hutan bakau yang berada di wilayahnya. Pantauan itu dilakukan setelah dirinya menerima laporan tentang adanya aktivitas masyarakat yang menebang hutan bakau untuk keperluaan pembuatan kanal dan budi daya rumput laut. 

"Aktivitas itu tidak ada izin sehingga perlu dilakukan penataan agar hutan bakau yang ada di wilayah Sebatik Barat ini dapat dijaga dan dilestarikan mengingat fungsi hutan bakau sangat besar di dalam menjaga kelestarian biota yang ada di dalamnya termasuk penahan gelombang jika ada gelombang besar," katanya.  

Camat yang dikenal disiplin dan tegas ini melakukan pemantauan didampingi didampingi Staf Kecamatan Sebatik Barat, Kepala Desa, dan Ketua RT di wilyah kerja Kecamatan Sebatik Barat.

Menurut Ramsyida meskipun potensi pasar rumput laut sangat menjanjikan, tidak berarti seenaknya memperlakukan kondisi alam sekitar termasuk hutan bakau yang ada.  "Dalam rangka penertiban dan upaya pencegahan perusakan alam secara terus menerus khususnya diwilayah hutan bakau, perlu peran serta lintas sektor baik dari pemerintah Kecamatan dan Desa Maupun Instansi teknis yang berwenang," tegasnya. (*)

Teks/Foto : Tim Publikasi Kec Sebatik Barat 

 

Teks/Foto : kec.sebatikbarat (Tim Publikasi KECAMATAN SEBATIK BARAT )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim