SIMP4TIK News - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kabupaten Nunukan melaksanakan kegiatan tes kebugaran jasmani pada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan deteksi dini untuk pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) di Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Nunukan pada Jumat (17/6).

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara serta menggandeng Puskesmas Nunukan,  Puskesmas Sedadap, Puskesmas Nunukan Timur dan organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Nunukan dalam rangka pelaksanaan Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM sesuai himbauan dari Kementerian Kesehatan,” terang Hj. Miskia selaku Sekretaris DKP2KB.

Peserta pada acara ini adalah ASN dan juga masyarakat umum. Pelaksanaan dimulai dengan pendaftaran, pengukuran tekanan darah, denyut nadi, tinggi badan, berat badan, lingkar perut dan lingkar lengan.

Selanjutnya peserta melaksanakan metode rockpot yaitu berlari atau berjalan sejauh 1,6 kilometer disesuaikan dengan kemampuan peserta. Jika peserta dari awal memilih lari maka harus lari sampai selesai, begitu juga jika memilih jalan harus jalan terus sampai selesai. Peserta yang selesai melaksanakan metode rockpot istirahat sebentar lalu kemudian diukur kembali tekanan darah dan denyut nadinya untuk mengetahui status kebugaran.

Tak hanya itu peserta juga mendapat fasilitas cek kadar gula dan kadar kolesterol dalam darah. Kegiatan ini gratis dan tidak dipungut biaya. Kegiatan ini berlangsung cukup meriah dan dilaksanakan penuh dengan antusias. Pada akhir kegiatan, peserta mendapatkan konseling  dan juga kudapan sehat sebagai menu sarapan.

 

Teks: FERISTYA (Tim Publikasi)

Editor: Asa Zumara

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : fahmiimaniar