SIMP4TIK News -  Dinas Lingkungan Hidup Nunukan (DLH) kembali mempelopori kerja bakti untuk pembersihan kawasan permukiman. Kali ini kompleks Perumahan KPN di Nunukan Selatan. Menurut Freddy Goromiko SHUT MAP Sekretaris DLH kerja bakti dilkukan untuk mempersiapkan Kabupten Nunukn mengikuti penilian Adipura tahun 2022.

"Sebenarnya secara rutin DLH maupun masyarakat sudah melakukan pembersihan di lingkungan permukimn namun perlu dibersihkan lagi terutama untuk saluran air dan taman-taman agar lebih bersih dan menarik serta air bisa lebih lancar mengalir khususnya di gorong-gorong," katanya.

Mewujudkan Nunukn yang bersih menurutnya menjadi tanggung jawab bersama. Pihknya mengajak beberapa pihak untuk melakukan kerja bakti antara lain Dinas Pemadam Kebakaran, Kompi III Brimob, Kantor Kecamatan dan Kelurahn Nunukan Selatan serta masyarakat khususnya yang bermukim di RT 4 KPN dan sekitarnya. 

"Kita harus turun bersama-sama agar kebersihan lingkungan dapat dipelihara dengan baik selain untuk keindahan permukiman juga untuk kesehatan masyarakat," katanya. 

Terkait spot-spot atau kategori penilaian Adipura sendiri selain kawasan permukiman, Fredy menyebutkan ada juga kawasan perkantoran seperti Gadis 1, Kantor Kecamatan dan kelurahan dan beberapa tempat yang lain. dan ada juga pengolahan sampah seperti yang ada di KPN ini.  "Pokoknya dengan kebersamaan dan kolaborasi semua stakeholder, kita dapat wujudkan lingkungan yang lebih bersih," katanya.

Sebagai bukti kebersamaan ditunjukkan Freddy langsung memimpin kerja bakti. Taman-taman dibsersihakan, gorong-gorong dirapikan dari rumput yang meranggasdan rumput tepi jalan dipotong. Nampak petugas dari DLH devisi angkutan secara bersama-sama menaikkan sampah ke truk untuk diangkut ke tempat pengolahan sampah. 

"Sampah-sampah ini dipisahkan dulu yang organik dikumpulkan dibawa ke tempat pengolahan sampah organik demikian juga dengan plastik juga dikumpulkan dipisahkan dari sampah organik untuk diproses sesuai dengan jenis sampahnya," katanya. 

Nampak pula Camat Nunukan Selatan Bau Syahril SSTP MAP dan Lurah Nunukan Selatan serta Danki Brimob IPTU Munir dan Asisten Pemerintahan Muhammad Amin SH, Ketua RT 4 Abdul Karim dan warga KPN melebur bersama dalam kerja bakti ini.(*)

Teks.Foto : Ilham Waskito

Teks/Foto : Muh. Arsyad (Tim Publikasi DINAS LINGKUNGAN HIDUP )

Editor : fahmiimaniar