SIMP4TIK NEWS - Dinkes P2KB melalui bidang Kesehatan Masyarakat memberikan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) di wilayah Lumbis Hulu tepatnya di Tau Lumbis sebagai desa lokus pelayanan.  PKB tahap II ini dilaksanakan tanggal 14-18 Agustus 2022 bekerja sama dengan Puskesmas Binter dan RSUD Nunukan.

PKB tahap II kali ini sama dengan PKB tahap I membawa dua dokter spesialis yaitu dokter spesialis kandungan dan spesialis penyakit dalam serta ada juga pelayanan gigi oleh dokter gigi.

PKB tahap II  dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 sehingga selain memberikan pelayanan kesehatan  dilaksanakan juga Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan sebagai wujud cinta tanah air dan bangsa.

dr. Seno Aji W., MARS  selaku Ketua Tim PKB tahap II merinci kegiatan sebagai berikut pelayanan medis meliputi obsgyn, penyakit dalam, umum dewasa dan anak, kesehatan gigi, edukasi masyarakat tentang hidup sehat, on job training yaitu edukasi tenaga kesehatan terkait penanganan penyakit umum, promosi kesehatan tentang perawatan gigi dan mulut, edukasi dua pasien suspek stunting, senam pagi, upacara bendera, lomba bertema kesehatan untuk kader dan pidato kesehatan untuk anak sekolah, edukasi terhadap keluarga pasien gangguan jiwa.

Menurut dr. Seno Aji W., MARS kegiatan PKB di apresiasi dan disambut baik oleh Camat Lumbis Hulu yang diungkapkan setelah Upacara Bendera. Sempat terjadi insiden kapal menabrak batu saat menuju lumbis pansiangan sehingga pelayanan di Lumbis Pansiangan agak terlambat.

Teks/Foto : Feristya/Yogi (Tim Publikasi Dinas Kesehatan)

 

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim