SIMP4TIK NEWS- Upaya penurunan stunting terus digalakkan. Sebagai bentuk nyata komitmen tersebut, Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan mendukung kegiatan kemitraan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur  pada kegiatan “Kampanye Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Nunukan  bersama Mitra Kerja Tahun 2022” yang dilaksanakan pada 2 sesi yaitu 13-14 Oktober 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kab. Nunukan Hj.Miskia S.Si,Apt.,MM, Mayjen TNI Purnawirawan Drs. Hasan Shaleh selaku Anggota Komisi IX DPR RI , Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Timur Dr. Sunarto, S.KM., M.Adm KP beserta jajarannya, Dr. Indra Murty Surbakti, MA selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kependudukan BKKBN, Ari Dwikora Tono, Ak.,M.Ec.Dev selaku Inspektur Utama BKKBN RI, Kepala DP3AP2KB Provinsi Kalimantan Utara Ir. Wahyuni Nuzband, M.AP, Koordinator lapangan Bkkbn prov kaltara serta berbagai lapisan masyarakat di wilayah Nunukan kota yang berjumlah kurang lebih 300 peserta.

Dalam acara tersebut, seluruh narasumber memberikan penekanan agar masyarakat berpartisipasi mencegah stunting dengan  menghindari pernikahan usia anak dan disarankan untuk hamil di atas usia 21 tahun. Stunting bisa dicegah sejak dini dengan memberikan penanganan khusus sebelum anak berusia 5 tahun melalui perbaikan pola asuh, pola makan dan perbaikan air minum serta sanitasi. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menuturkan bahwa kegiatan kemitraan seperti ini sangat perlu didukung demi mewujudkan tujuan utama penurunan stunting dimana perlu adanya kerjasama antar lini dalam setiap prosesnya.

"Kegiatan kemitraan ini selaras dengan program yang ada di dinkes, sehingga perlu adanya dukungan yang lebih untuk setiap kegiatan dari provinsi, daerah lain, maupun dari pusat", tegasnya.

Peserta sangat antusias menyimak materi-materi yang disajikan oleh narasumber. Pasalnya peserta yang aktif menjawab pertanyaan mendapat hadiah dari panitia, selain itu juga disiapkan doorprize pada setiap sesinya.

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim