SIMP4TIK NEWS - Dinkes P2KB melalui bidang Promosi Kesehatan dan SIK selenggarakan  Pembudayaan GERMAS bekerja sama dengan KORMI( Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) yang sekaligus menggelar FORMASI (Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) di Krayan. Jumat (19/8)

Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Nunukan, Sekda Kabupaten Nunukan, Ibu Sekda mewakili TP-PKK Kab Nunukan, ketua DPRD kab nnk, wakil ketua DPRD Provinsi Kaltara (Ketua Kormi Kab. Nunukan), Kepala Dinkes P2KB beserta jajarannya serta OPD terkait. Kegiatan ini melibatkan Puskesmas Long Bawan, Puskesmas Long Layu dan RS Pratama Krayan sebagai penanggungjawab wilayah Krayan. Pembudayaan GERMAS pada kegiatan kali ini melalui aktivitas fisik yaitu senam bersama, lomba kreasi pangan sehat berbahan lokal untuk pencegahan stunting, pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular) yaitu cek gula darah, cholesterol, tekanan darah dan gerai vaksin.

Edukasi utk pembiasaan makan sayur dan buah serta cara mengolah dan menyajikan makan sehat gizi seimbang di rumah di dlm lomba kreasi pangan sehat berbahan lokal diikuti lima kecamatan yaitu krayan induk, timur, barat, selatan dan tengah, dimana setiap kecamatan mengirimkan 3 tim perwakilan.

Hj. Nur Madia, S.KM.,M.Kes selaku Ketua Panitia Germas menyampaikan “Kegiatan germas kali ini kami bekerja sama dengan Kormi, krn aktivitas fisik atau olahraga merupakan salah satu dari tujuh langkah GERMAS”. Kegiatan berlangsung sukses, meriah dan penuh semangat dilaksanakan oleh segenap warga Krayan. Antusiasme masyarakat sangat tinggi dilihat dari jumlah peserta yang datang melebihi ekspektasi, alat untuk pemeriksaan PTM sebanyak 200 paket habis dan vaksinasi sebanyak 55 orang meliputi BIAN dan vaksinasi Covid-19, tambahnya.

Tujuh langkah GERMAS yang perlu di budayakan di masyarakat selain aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur adalah tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, cek kesehatan berkala, menjaga kesehatan lingkungan dan menggunakan jamban.

Teks/Foto : Feristya (Tim Publikasi Dinas Kesehatan)

 

 

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Feri Styaningsih, S.KM