SIMP4TIK News - Dinkes P2KB melaksanakan kegiatan sosialisasi pemetaan populasi kunci program HIV. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Kepala Dinas Kesehatan dihadiri beberapa instansi antara lain Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DSP3A), Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan, Koramil 08, Koramil 01, Camat Nunukan, Camat Nunukan Selatan, Satpol PP, PKBI , Puskesmas Nunukan, Puskesmas Nunukan Timur, Puskesmas Sedadap, Puskesmas Binusan Senin (25/7).

Penanggung jawab program HIV Dinas Kesehatan Nur Hadi menjelaskan tujuan diadakannya sosialisasi ini. "Sosialisasi ini bertujuan  agar memperoleh dukungan dari lintas sektor sehubungan perlindungan keamanan petugas yang akan melakukan pendataan dan pemberian informasi agar mempercepat proses pemetaan, " ungkapnya. 

Nur Hadi menjelaskan kegiatan pemetaan dimulai dengan melakukan pendekatan ke hotspot salah satunya yaitu tempat yang diduga terjadi transaksi seks. Informasi dapat diperoleh dari Gatekeeper seperti satpam, supir dan masyarakat awam yang mengetahui informasi tentang tempat tersebut.

"Fokus kegiatan ini adalah untuk menemukan dan memetakan populasi kunci program. Data hasil pemetaan juga tidak akan di publikasikan secara luas tapi hanya untuk kepentingan internal program secara berjenjang ke pusat yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk merumuskan RPJMN dan RAN program," tandasnya.(*) 

Teks/Foto : Feristya (Tim Publikasi Dinas Kesehatan)

Editor : Ilham Waskito

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : fahmiimaniar