SIMP4TIK News - Pyang berlangsung Kamis (21/7) elaksanaan Kegiatan pembudayaan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Srinanti, Seimenggaris terbilang sukses. Antusiasme masyarakat cukup tinggi. Hal ini terlihat dari seluruh warga baik anak-anak, ibu- ibu, karang taruna, tokoh masyarakat  berbondong-bondong menghadiri acara tersebut dengan penuh suka cita.

Selain dihadiri oleh warga Seimenggaris, Germas juga di hadiri Bupati Nunukan Hj Asmin Laura hafid, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara, Plt. Kepala Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Kadispora Nunukan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Sosial, Ketua PKK Kabupaten Nunukan dan Pihak Ketiga yang mendukung terlaksananya acara ini.

Ketua Panitia Hj.Nur Madia, SKM.,M.Kes dalam laporan nya menyampaikan, “tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan upaya Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kabupaten Nunukan, tersebarluasnya informasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat kepada Masyarakat, meningkatnya partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang hidup sehat, menyadarkan masyarakat untuk mengamalkan perilaku hidup sehat, meningkatnya produktivitas masyarakat”.

Pembudayaan Germas dimulai dengan senam bersama dilanjutkan dengan penilaian Lomba Cipta Menu panganan local untuk mencegah Stunting dan KEK pada ibu hamil, screening factor resiko penyakit tidak menular,imunisasi BIAN dan Covid-19, pelayanan KB dan kesehatan reproduksi. Di sela-sela kegiatan tersebut juga di adakan pembagian doorprize yang beraneka ragam dengan hadiah utama adalah sepeda sebagai salah satu sarana yang dapat digunakan untuk aktivitas fisik yang merupakan salah satu langkah Germas.

Acara di akhiri dengan pembagian hadiah untuk pemenang lomba antara lain, lomba cipta menu, Balita Lulus Asi Eksklusif se- Kecamata Sei Menggaris, Balita yang terpantau pertumbuhannya di posyandu setiap bulan, Balita sehat dengan imunisasi lengkap, Pasien Diabetus Melitus aktif control setiap bulan, pasien hipertensi aktiv control setiap bulan, Rumah Tangga Sehat Tingkat kecamatan Seimenggaris, Sekolah Ber-PHBS, Posyandu terbaik, Pelayanan Petugas Pustu Terbaik Mitra Lintas sektor teraktif bidang kesehatan, dan Mitra Perusahaan terbaik bidang kesehatan.

Teks/Foto : Feristya (Tim Publikasi Dinas Kesehatan)

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : fahmiimaniar