SIMP4TIK News - Ungkapan tersebut di sampaikan Wakil Bupati Nunukan yang juga sebagai ketua Kwartir Cabang H. Hanafiah saat menghadiri acara Upacara HUT Pramuka ke 61 dan Pembukaan Jambore Nasional Pramuka ke-XI di Cibubur yang dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso pada Minggu (14/08/2022)

Ini merupakan prestasi warga perbatasan, kata Wabup Hanafiah yang dapat bersaing dengan 514 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia.

"Terimakasih kepada anak Fatimatuz Zuhro (SMP Mutiara Bangsa Sebatik) dan anak Muhammad Ilham (SMPN 1 Sebatik Utara), Ini merupakan prestasi yang harus terus kita dorong, serta dukung bersama. Dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada para pendamping, pelatih serta pembina atas bimbingan nya kepada anak anak kita yang mengikuti Jamnas ini," Ucap H. Hanafiah.

Lebih jauh, H. Hanafiah berharap dengan kegiatan Pramuka dapat membentuk kepribadian anak anak usia memasuki masa remaja dapat terbentengi dengan hal hal positif yang ada di kepramukaan.

" Saya menginginkan dalam pendidikan sekolah dasar dan menengah, sudah menjadi wajib pembinaan kepramukaan, karena dengan kegiatan yang dituangkan dalam Pramuka bisa membentengi hal hal negatif yang bisa merusak generasi muda kita," jelasnya.

Diawal acara dimulai dengan pelaksanaan upacara Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta pada 14 - 21 Agustus 2022, berlangsung dengan hikmah serta penuh antraksi dari berbagai etnis/Suku yang diperankan oleh para peserta Pramuka.

Pelaksanaan Jambore Nasional merupakan acara yang di laksanakan lima tahun sekali, yang diikuti oleh berbagai perwakilan dari masing-masing kwartir cabang (kwarcab) di tingkat Kabupaten/Kota, dan tahun ini mengusung tema “Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi”.

Diharapkan dengan pembentukan karakter anak yang dituangkan didalam tema tersebut dapat meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan, serta membentuk sikap dan perilaku anggota pramuka guna mempertahankan komitmen dan penghayatan terhadap Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. (*)

Teks/Foto : Tim Publikasi Prokopim Setda

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : MULIYANTI