SIMP4TIK News – Rapat Panitia HUT Kabupaten Bidang Lomba dan UMKM menggelar rapat di ruang rapat lantaV Kantor Bupati Nunukan Kamis (22/9). Dua Asisten Sekda yang hadir yaitu Asisten II H Asmar SE MAP yang membidangi perlombaan dan Asisten III Drs Syafarudin yang membidangi persiapan Paras Perbatasan sebagai lokus utama perlombaan.

Masalah yang dibahas adalah persiapan panitia seksi perlombaan yang dikordinir Dinas Pariwisata dan KORMI Nunukan diantaranya Pawai Budaya yang terdiri atas Pawai jalan kaki dan Pawai Kendaraan hias serta lomba lomba lain. Diantaranya lomba tari kreasi tingkat PAUD, SD, dan SMP, lomba busana kreatif dari bahan bekas PAUD, SD, SMP, lomba bercerita SD dan SMP lomba karaoke guru.

“Lomba lainnya seperti kompetesi layang-layang hias, air soft battle, kicau mania, aerobic dance competition, gerak jalan indah,” ujar H Asmar.

Diskusi berlangsung hangat. Saran dan masukan disampaikan peserta rapat. Dari pembahasan acara itu H Asmar melihat acara perlombaan rata-rata berlangsung di pagi dan siang hari sehingga pada malam hari masih banyak waktu yang kosong.

Selaku Ketua membidangi perlombaan, dirinya meminta Dinas Pariwisata untuk melakukan pendataan kembali kepada perangkat daerah maupun kelompok masyarakat untuk mengisi acara di malam hari. Selain lomba bisa diisi dengan acara hiburan.

“Buka saja dulu pendaftaran untuk mengisi acara pada malam hari agar malam hari tidak kosong apakah acara yang sifatnya lomba atau acara yang sifatnya persembahan untuk hiburan agar paras bisa ramai siang dan malam,” pesannya.

Masalah yang lain yang menjadi perhatian peserta rapat adalah soal jumlah peserta pawai dan rute yang akan dilalui. Kepala SMP Negeri 1 Nunukan Rustriningsih Ilham S.Pd meminta kelonggaran untuk tidak membatasi jumlah peserta hanya maksimal 200 orang per-tim. Sedangkan Hj Nurany Mustari meminta agar jalur jalan kaki untuk anak SD starnya di depan pelabuhan Tunon Taka.

Mendengarkan berbagai masukan yang disampaikan, H Asmar secara bijak merangkum semau masukan itu dan menyampaikan bahwa masih ada rapat finalisasi terakhir bersama dengan Panitia Utama.

“Masukan Bapak dan Ibu akan kita bawa ke rapat Panitia Utama sebagai laporan nantinya, tentunya apapun keputusannya akan disampaikan, karena saya percaya masukan, saran dan pertimbangan yang disampaikan semuanya bertujuan untuk menyemarakan peringatan HUT Kabupaten Nunukan yang ke 23, dengan tema bersinergi pulihkan ekonomi,” katanya.

Terkait hiburan artis, panitia sudah mendapatkan informasi tentang artis yang akan di datangkan. Pada malam resepsi tanggal 12 Oktober dua artis jebolan Indonesian idol akan menggebrak Nunukan. Kedua artis itu adalah Keysia dan Levronka. Sedangkan untuk 14 Oktober malam  akan dihibur group band ternama Jamrud.

Hadir pada rapat kepanitiaan ini antara lain Sabri ST MSi Kadis Koperasi dan UKMPP, Kadis Kominfo Kaharuddin, Plt Kadis Kesehatan Hj Miskiah SFarm Apoteker MM, Sekretaris Dinas Pariiwisata Sudirman SS, Sekretaris Dinas Pendidikan Drs Sudi Hermanto, Perwakilan Kwarcab Pramuka Perwakilan KORMI dan Group Senam, Kelompok Pencinta Burung dan Airsoftgun.

Diujung rapat, Asmar menyimpulkan jadwal dan jenis lomba masih perlu penyesuaian sedangkan batasan jumlah peserta akan dibicarakan pada rapat berikutnya, sedangkan jalur untuk pawai dan gerak jalan masih bisa dilakukan penyesuaian sesuai putusan rapat berikutnya. "Jadi harap bersabar, mari bersinergi pulihkan ekonomi. Terus Semangat untuk Nunukan amanah adil dan sejahtera." ajaknya tersenyum.(*)

Teks/Foto : SAHAR, SST.Mar, M.I.Kom (Tim Publikasi DINAS PARIWISATA KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim