SIMP4TIK News - Sudah menjadi tradisi di lingkungan Pemkab Nunukan inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI sering didelegasikan kepada anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Hal ini dilakukan mengingat peringatan Upacara HUT kemerdekaan dilakukan juga ditingkat Kecamatan yang menghadirkan Kepala Daerah sebagai Inspektur Upacara. 

Seperti pada Aubade atau Upacara Penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2022 Kapolres Nunukan AKBP Ricky SH SIK MH bertindak selaku inspektur upacara. Hal ini dilakukan mengingat Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD menjadi inspketur upacara di kecamatan Sebuku sedangkan Wakil Bupati sudah menjadi inspektur upacara pada upacara parade, adapun Sekretaris Daerah menjadi Inspketur Upacara di Kecamatan Krayan.

Terkait penugasan sebagai Inspektur Upacara pada Aubade, Kapolres Nunukan yang mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Nunukan menerima dengan baik. "Sudah menjadi keputusan dari Panitia Pelaksana HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, tentu sebagai sesama anggota Forum Komunikasi Pemerintah Daerah atau Forkopimda Kabupaten Nunukan maka tugas itu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab," katanya. 

Pelaksanaan Upacara Aubade berjalan lancar. Selaku inspketur upacara, Kapolres berdiri di podium upcara mulai dari awal sampai selesai. Pasukan pengibar bendera melaksanakan tugas dengan sempurna. Yang bertugas sebagai pembawa baki dan Bendera Merah Putih setelah  diturunkan untuk kembali diserrahkan kepada inspektur upacara yaitu Zahrani Atalia Maghfira siswi M A Al Ikhlas Nunukan.

Sementara itu yang bertugas menurunkan Bendera sang Merah Putih adalah Bumi Athar Anwar siswa SMA Negeri 1 Nunukan Selatan, Fendi siswa MA. Al Ikhlas Nunukan, dan Muh. Sabri Suparno siswa SMA Negeri 1 Sebatik Tengah.

Selaku Komandan penurunan Bendera Kapten Inf Yunior Noldy Metahang, dan bertindak selaku komandan Pasukan Pengibar Bendera Lettu Armed Moh. Hafiz Al Maliki. Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hardiyanto bertindak selaku Inspektur Upacara.

Setelah selesai melaksankan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, siswa-siswi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) menampilkan yel-yel dihadapan para tamu undangan yang hadir pada sore hari ini. Ini merupakan luapan kebahagiaan dari Paskibra karena telah melaksanakan tugas mereka dengan lancar. (*)

Teks/Foto : Tim Publikasi Prokopim Setda

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim