SIMP4TIK News - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia ( TNI) Angkatan Laut (AL) Tahun 2022 Lanal Nunukan melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih TNI AL Tahun 2022 dengan mengusung tema "Membangun Kejayaan Maritim, untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat" Laut Bersih, Rakyat Sejahtera berlangsung di Kampung Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Rabu (7/9).

Mewakili Bupati Nunukan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nunukan Suhadi S. Hut.,M.Si mengatakan pemerintah Kabupaten Nunukan mengapresiasi kegiatan bersih - bersih di kampung mamolo yang dilaksanakan oleh Lanal Nunukan. 

"Kegiatan ini bukan saja memberikan edukasi hidup sehat bagi masyarakat, namun juga merupakan wujud implementasi tuntutan kebersihan adalah sebagian dari iman," ucapnya.

Suhadi menambahkan, Nunukan merupakan sentra terbesar rumput laut di Indonesia dan pusatnya ada di Kampung Mamolo Kecamatan Nunukan Selatan, sebagai sentra budidaya rumput laut, tentu tak lepas dari permasalahan terutama sampah bekas pelampung, sehingga kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanal Nunukan wajib didukung oleh semua pihak.

"Pemkab Nunukan berharap agar kegiatan ini tak hanya sekedar simbolis, tapi masyarakat juga harus mampu menjadikannya sebagai contoh agar mentradisikan hidup bersih sehari - hari," harapnya.

Sementara itu, Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang  hadir dan mendukung kegiatan bersih - bersih sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

"Fokus kegiatan ini intinya adalah dari TNI AL ingin membuat laut kita kembali bersih, karena dengan adanya laut yang bersih bisa  mendukung kesehatan masyarakat yang bermuara untuk perekonomian, transportasi dan lain-lainnya," tuturnya

Sangat disayangkan apabila kondisi lingkungan hidup Kampung Mamolo tidak mencerminkan suatu daerah yang sukses atau daerah yang makmur. Oleh karena itu melalui kegiatan bersih laut kami mendorong kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan membudayakan hidup bersih.

Sampah yang terkumpul langsung dinaikkan ke atas truk sampah dan pick up yang telah disediakan, selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS).(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom