SIMP4TIK News - Dalam rangka meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan ke - 23 Tahun, Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Lomba Tari Kreasi yang diikuti oleh tingkat pelajar Paud, TK, SD, SMP dan SMA bertempat di Paras Perbatasan, Selasa (11/10).

Kepala Bidang Ketenagaan, Kurikulum, Sastra dan Perizinan Dinas Pendidikan (K2SP) Kabupaten Nunukan Asnawi, S.E menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menciptakan prestasi non akademik bagi siswa - siswi baik dari jenjang Paud, TK, SD, SMP dan SMA. Berada di wilayah perbatasan sebagai tapal batas Indonesia menjadi sangat penting bagaimana menjaga identitas bangsa. Seperti lomba tari kreasi yang menampilkan tari tradisional, artinya mereka masih mempertahankan nilai - nilai lokal.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini kita dapat mengembangkan talenta yang dimiliki oleh siswa siswi yang berada di Kabupaten Nunukan untuk menjadi lebih baik lagi. Dinas Pendidikan berkomitmen tahun depan kegiatan seperti ini akan tetap diadakan lagi," tuturnya.

Sementara itu Aryanti, S.Si guru SMA Negeri 1 Nunukan mengatakan, ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba tari kreasi ini bukan hanya sekedar untuk mengharapkan keluar sebagai juara tetapi juga ikut meramaikan acara peringatan HUT Kabupaten Nunukan dan HUT PGRI. Ia berharap semoga kedepannya SMA Negeri 1 Nunukan bisa menjadi lebih baik khususnya dalam mengasah kreativitas siswa - siswinya.

Senada dengan itu Nurhayani guru SD 003 Nunukan Selatan juga selaku pembina siswi tari kreasi didampingi oleh pelatih tari Andri mengungkapkan tari yang ditampilkan adalah gabungan dari tari tradisional yaitu berasal dari daerah Kalimantan, tari dari daerah timur dan tari poco - poco Sulawesi Utara yang mereka sebut dengan tarian wonderful.

"Tari kreasi yang kami tampilkan ini merupakan gabungan dari tiga daerah yang kami sebut dengan tari wonderful, tujuannya bagaimana mengubah sesuatu agar masyarakat Nunukan bukan hanya menyukai tarian asli Kabupaten Nunukan tetapi juga tarian seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk busana yang digunakan juga perpaduan dari bahan yang murni mereka buat sendiri, seperti bulu ayam dan tali rafia," ungkapnya.

Acara lomba tari kreasi berlangsung meriah sampai dengan pengumuman pemenang yang mana keluar sebagai juara tingkat SMA dimenangkan oleh peserta nomor 01 sebagai juara III, peserta nomor 02 juara II dan peserta nomor 04 juara I. Ditingkat SMP keluar sebagai juara II peserta nomor 01 dan peserta nomor 02 sebagai Juara I selanjutnya ditingkat SD, juara III dimenangkan oleh peserta nomor 15, juara II peserta nomor 01 dan juara I peserta nomor 04. Sedangkan untuk tingkat Paud/TK keluar sebagai pemenang juara III peserta nomor 13, juara II peserta nomor 02 dan juara I dimenangkan oleh peserta nomor 14.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom