SIMP4TIK News - Dalam dua hari ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nunukan diramaikan dengan dua kegiatan, yang pertama penguatan kapasitas di tingkat Palang Merah Remaja atau biasa disebut (PMR) yaitu relawan yang ada di tingkat sekolah mulai SD, SMP dan SMA, masing - masing tingkatan memiliki nama atau biasa disebut PMR Mula untuk SD,PMR Madya untuk SMP dan PMR Wira untuk SMA sederajat.

Adapun agenda pelatihan yang dijadwalkan untuk anggota PMR yaitu tentang kepemimpinan yang dilaksanakan kemarin (12/08/22) di aula markas PMI Nunukan mulai pukul 15.00 wite hingga 17.30 wite. kegiatan ini di ikuti lebih dari 50 an siswa/i dari PMR SMAN 1 Nunukan selatan, dalam kesempatan ini materi kepemimpinan langsung dibawakan oleh Kepala Markas PMI Nunukan Ashar Azis.

Berikutnya pada (13/08) Kegiatan dilanjutkan untuk Relawan Korp Sukarela atau biasa disebut KSR kegiatan ini merupakan latihan Pertolongan Pertama (PP) yang memang diagendakan oleh teman-teman KSR. Kegiatan yang dimulai dari jam 10.00 wite hingga selesai ini merupakan latihan penyegaran karena sebelumnya sudah didapatkan saat pendidikan dasar. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk materi dan praktek yang langsung dibawakan oleh sigit hermawan ia merupakan alumnus TOT (training of trainer) dibidang pertolongan pertama pada 2007 lalu dan sekaligus juga beliau merupakan pengurus bidang relawan di PMI Nunukan ini.

Saat ditemui diruang kerjanya Kepala Markas Ashar Azis menjelaskan, "Kegiatan ini dilaksanakan karena mengingat tugas dan fungsi Palang Merah Indonesia Nunukan sebagai Tim Pertolongan pertama dan ambulan sehingga menuntut para relawan KSR harus terus berinovasi menjadikan para Relawan ini terampil dan handal dalam setiap penugasan karena relawan adalah ujung tombak PMI," katanya. 

Senada dengan Ashar, Komandan KSR PMI Nunukan Jacek Ratu yang terpilih pada 2021 lalu menjelaskan relawan yang ada saat ini sekitar 30 an lebih anggota dengan latar belakang yang ber beda-beda ada mahasiswa,karyawan bahkan pengusaha juga ada. 

"Dengan jumlah KSR yang tidak seberapa ini maka kami berupaya untuk memaksimalkan anggota ini dengan rutin melaksanakan latihan "bagi anak muda nunukan yang ingin mengabdikan diri untuk kemanusiaan bisa gabung menjadi anggota KSR dengan menghubungi saya melalui telephon atau via WA di nomor 0852 5829 1604 adapun syarat nya adalah 1. Umur 17-35 thn 2. Bersedia mengikuti pelatihan pendidikan dasar 3. Bersedia ikut apabila ada penugasan dari markas," harap Jack.(*)

Teks/Foto : Sugianto (Tim Publikasi PMI Nunukan)

Editor : Sahar

Teks/Foto : Sugianto (Tim Publikasi PALANG MERAH INDONESIA )

Editor : Saharudin Siri, SIP