Bupati : Kemauan yang kuat untuk terus belajar harus terus digaungkan

 

SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid,SE,MM,PhD yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Ahmad menghadiri  kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) serta pemantapan kemampuan belajar jarak jauh program diploma dan sarjana di Universitas Terbuka Tarakan tahun 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang serbaguna lantai V kantor Bupati Nunukan, Sabtu (10/09).

 

Membacakan pidato sambutan Bupati, Ahmad menyampaikan bahwa  Education is Gun,  pendidikan adalah senjata. Kalimat bijak ini seolah ingin menunjukkan bahwa pendidikan adalah senjata yang paling efektif untuk merubah keadaan. Lewat pendidikanlah seseorang bisa memiliki kecerdasan, wawasan yang luas, hingga kematangan mental yang dibutuhkan untuk menghadapi kerasnya kehidupan di masa mendatang.

 

"Pendidikan atau proses belajar tidak mengenal kata berhenti. Sepanjang nafas masih dikandung badan, selama itu pula kita harus terus belajar tentang berbagai hal. Kesediaan untuk terus belajar dan belajar itulah yang akan mengantarkan manusia bisa memetik manisnya kehidupan," jelasnya.

 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Nunukan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Universitas Terbuka Tarakan yang selama ini telah memberikan ruang yang selebar-lebarnya bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Nunukan untuk terus belajar, tanpa harus dibatasi oleh usia atau profesi dan pekerjaan yang dimiliki saat ini.

 

"Kepada para mahasiswa baru yang saat ini sedang melaksanakan orientasi studi, saya ucapkan selamat bergabung dalam keluarga besar UT. Saya bangga dan kagum dengan Bapak Ibu sekalian yang masih mau meluangkan waktu dan pikirannya untuk terus melanjutkan kuliah di sela-sela kesibukannya sehari-hari. Saya yakin, sebagian besar dari mahasiswa UT adalah orang-orang yang sudah bekerja, bahkan dari segi usia juga sudah tidak muda lagi," tambahnya.

 

Lebih lanjut dikatakan bahwa kemauan yang kuat untuk terus belajar ini yang harus terus digaungkan dan digelorakan di tengah masyarakat Agar tumbuh kesadaran bersama bahwa belajar tidak bisa dibatasi oleh usia dan profesi apapun, belajar juga akan membuat kualitas kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

 

"Jika seorang ASN, maka lewat pendidikanlah dia akan bisa meniti karier kepegawaiannya dengan lebih cepat. Sementara bagi masyarakat yang lain maka pendidikan akan membuat peluang pekerjaan dan usaha menjadi semakin terbuka. Pendek kata, pendidikan akan merubah begitu banyak hal. Pendidikan adalah gerbang peradaban dan kemajuan sebuah bangsa. Semakin baik pendidikan masyarakat sebuah bangsa, maka akan semakin maju dan tinggi tingkat peradabannya," tutupnya.

 

Kepala dinas pendidikan Ahmad berharap kehadiran UT tarakan bisa menjangkau semakin banyak kalangan masyarakat di kabupaten nunukan. buat terobosan–terobosan baru agar masyarakat semakin mudah dan cepat dalam mengakses pendidikan di Universitas Terbuka. (*)

Teks/Foto : Fir

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : Asa Zumara, SS