SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD diwakili lAsisten Administrasi Umum, Drs. Syafarudin membuka Pelatihan Jurnalistik dan Videografi di Aula BPKSDMbelum lama ini.

Pada kesempatan yang berharga Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD menyampaikan dalam sambutannya yang dibacakan Administrasi Umum “Pemerintah Daerah mengucapkan trima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik. Dengan adanya kegiatan pelatihan Jurnalistik seperti ini, sangat membantu Pemerintah Kabupaten Nunukan dalam menghidupi fungsi Humas di setiap OPD itu sendiri”.

Dialog Strategis dengan Stakeholder di Ruang Aula Lantai 5 Kantor Bupati Perempuan Pertama di Kaltara beberapa waktu lalu sangat percaya melalui Kepala Perangkat Daerah akan mengubah cara pandang, sikap dan tindakan pemimpin yang resposip, inisiatif, kaloboratif dan sulutif sehingga masalah yang dihadapi selama menlaksanakan tugas memberi hasil yang maksimal. Laura juga menghimbau agar “pemimpin tidak hanya cerdas tetapi cepat respon apa yang disuarakan masyarakat karena sesungguhnya kita ada sebagai bagian pemerintah karena masyarakat”.

Kaharudin menjelaskan agenda ini merupakan Pelatihan Jurnalistik dan Videografi sesuai dengan judulnya Sistim Publikasi Pembangunan Daerah dan Pelayanan Publikasi secara terpadu dan Terintegritas.(SIMP4TIK). “Jadi sebagai tindak lanjut dari dialog tersebut,dimana salah satu produk inovasi dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional TK.II Angkatan V tahun 2022 yang saat ini saya jalani,” katanya.

Dalam Pelatihan Jurnalistik dan Videografi peserta berjumlah 40 orang dari OPD, 2 orang dari kecamatan, 2 orang perwakilan PMI dan 1 orang dari PDAM. Upaya Dinas Komunikasi Informatika dan statistik adalah untuk meningkatkan kapasitas setiap ASN dan Non ASN untuk perlu memiliki kertampilan Jurnalistik dan mampu menghidupi Humas khususnya di OPD dimana mereka bekerja.

Menurutnya, banyak kegiatan dinas maupun kepala daerah harus dipublikasikan ke masyarakat dengan sajian berita yang benar. “Jadi diharapkan kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini nantinya menjadi jurnalis handal, memiliki kemampuan menyajikan data serta rilis berita juga sekaligus nanti menjadi juru bicara OPD masing-masing<” harapnya.

Dalam Kegiatan pelatihan ini pemateri yang dihadirkan adalah pakar yang berpengalaman dibidangnya yaitu: Data dan statistik sebagai sumber Informasi (Kepala BPS Nunukan, Agung Nugroho), Penerapan SPBE (Kabid Informatika Andi Akmal, S.Kom),Jurnalistik Praktisi 1 dan 2 (Adharsyah, A.Md, Diksipro.com), Pembuatan Vidio Konten (Ilham Waskito, Editing Diskominfotik). (*)

Teks/Foto: Kinda Lenjau

Editor Asa Zumara

 

Teks/Foto : Kinda Lenjau, S. Th (Tim Publikasi DINAS KEBUDAYAAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA SERTA PARIWISATA )

Editor : fahmiimaniar