SIMP4TIK News – Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara, Robert Simbolon mengatakan hal penting hadirnya PLBN (Pos Lintas Batas Negara) di wilayah Perbatasan Negara di Sebatik sebagai bukti hukum nasional berjalan dengan baik, dan menjadi episentrum aktifitas ekonomi masyarakat. Hal itu disampiakan Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara, Robert Simbolon saat sesi wawancara dengan media dalam kunjungannya di PLBN Sungai Nyamuk Sebatik, Jumat (15/07).

"Apapun aktivitas yang ada di perbatasan kita harus pastikan bahwa aktivitas itu berlangsung sesuai dengan hukum Nasional, hukum di bidang Keimigrasian, hukum di bidang Kepabeanan, hukum di bidang ke Karantina dan termasuk di bidang hukum Keamanan dan pertahanan Negara,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa bagi masyarakat kehadiran PLBN ini sekaligus menjadi episentrum dan pusat perkembangan aktivitas masyarakat. Terutama aktivitas ekonomi masyarakat kita yang akan terus mengembangkan kawasan PLBN ini menjadi kawasan tumbuh secara ekonomi di masyarakat dalam hal ini masyarakat Sebatik.

Terkait kehadiran PLBN Sei Nyamuk Sebatik upaya pemerintah pusat untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Negara Malaysia secara intensif baik melalui forum resmi dan forum informal.

"Untuk negara tetangga kita terus melakukan komunikasi dan dialog dengan pihak Malaysia dengan forum-forum resmi dan informal juga kita lakukan, prinsipnya pihak Malaysia menyambut baik kehadiran PLBN Sei nyamuk ini,” Ungkapnya.

Disampaikan, proses pembangunan PLBN Sei Nyamuk akan terus diikerjakan sehingga dapat dipastikan terselesaikan sesuai dengan rencana dan PLBN maksimal berfungsi serta diterima kedua belah pihak antara Indonesia – Malaysia.

“Dalam kaitan ini Malaysia memberikan catatan untuk kita sama-sama melakukan percepatan penyelesaian Outstanding Boundary Problems (OBP) pulau Sebatik dan akan segera diupayakan,” ujarnya mengakhiri. (*)

 

Teks/Foto : Tim Publikasi Prokopim Setda

Editor : Aiyub

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : fahmiimaniar