SIMP4TIK News  - Pengembangan Koperasi di era digital dewasa ini memiliki tantangan sendiri. Menurut Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Kalimantan Utara Mohtar, untuk menjawab kondisi ini,  perlu dilakukan penguatan peran koperasi dalam pengelolaan manajemen kelembagaan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia koperasi, penggunaan teknologi dan sistem informasi baik dalam manajemen koperasi maupun dalam menjalankan usaha koperasi di Kabupaten Nunukan. 

"Dengan dasar itu kami bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Utara dan  Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan untuk menyelenggarakan Pelatihan Digitalisasi Koperasi bagi Pengurus Koperasi yang ada di Kabupaten Nunukan," ungkapnya. 

Menurut  Mohtari yang juga sebagai Ketua Panitia, pelatihan  ini akan dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 13-15 Juli 2022,  di Hotel Neo Fortune Nunukan. "Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 35 orang yang terdiri dari pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Nunukan,  narasumber berasal dari CIS PLUT Provinsi Kalimantan Timur dan Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Nunukan., sumber  anggaran dari DPA Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara," katanya.  

Menyambut pelatihan ini, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan Sabri, ST, M.Si saat membuka acara menjelaskan  pemerintah telah mendorong pengembangan Koperasi melalui UU Cipta Karya  Tahun 2022 dimana  terjadi penyederhanaan  untuk anggota pendiri koperasi primer dari 20 prang  menjadi  9  orang, dan buku daftar anggota dapat berbentuk dokumen tertulis atau elektronik begitu juga untuk rapat anggota bisa juga dilaksanakan  secara luar jaringan (luring)  atau dalam jaringan (daring) sedangkan usaha koperasi dapat dilaksanakan secara tunggal  atau serba usaha  dan pengaturan dasar hukum koperasi syariah. "Masih banyak kemudahan perlindungan dan pemberdayaan bagi koperasi," tegasnya.  

Sabri berharap  semua peserta bisa mengikuti pelatihan ini sampai tiga hari kedepannya dan tetap semangat karena pelatihan ini sangat berguna bagi kemajuan perkoperasian di era digital dan dimulainya pengembangan dan pemberdayaan koperasi yang sehat di Kabupaten Nunukan. (*)

Teks/Foto : Yuliana (Tim Publikasi DKUKMPP)

Editor : Ilham Waskito

 

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : fahmiimaniar