SIMP4TIKNews – Event pelaksanaan pemilihan Duta Wisata Lumbis Pansiangan 2022 mendatangkan juri dari luar negeri. Hal tersebut disampaikan oleh Camat Lumbis Pansiangan ketika dihubungi melalui messenger, Minggu (21/8).

Lumbis, Camat Lumbis Pansiangan, mengatakan kenapa harus mendatangkan juri dari luar negeri, karena dirinya ingin agar pemilihan duta wisata yang perdana dilaksanakan ini berlangsung professional dan fair.

“Juri kegiatan ini diundang khusus oleh panitia dari Sabah Malaysia yang biasa menjadi juri pemilihan Unduk Ngadau Pesta Kaamatan di Sabah. Yaitu Konseler Bungkieyas dari Ranau Sabah Malaysia dan Puan Nur Nadhira Binti Jamana dari Kota Marudu Sabah Malaysia, agar pemilihan berjalan murni dengan standar yang tinggi tidak ada kepentingan pribadi,” jelas Lumbis.

Terdapat 5 tahapan dalam seleksi pemilihan duta wisata di Lumbis Pansiangan, yaitu mengikuti fashion show batik khas Dayak Agabag produksi Parida Lumbis collection sebagai sponsor kegiatan. Mengikuti tour on the spot di beberapa destinasi wisata di Lumbis Pansiangan untuk mendapatkan paparan dari tour guide Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Mengikuti on the spot ke rumah-rumah sentra UMKM terutama UMKM Anyaman dan mengikuti putaran tanya jawab di depan juri yang sengaja panitia datangkan dari Sabah Malaysia.

Para peserta lomba duta wisata ini memiliki beberapa kriteria yang dipersyaratkan yakni memiliki kemampuan public speaking, tinggi badan proporsional dan wawasan yang luas. Mereka dengan kerelaan hati ingin ikut terlibat mensosialisasikan wisata di Lumbis Pansiangan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Internasional.

Sebagai informasi, berikut para pemenang duta wisata kecamatan Lumbis Pansiangan 2022-2021:

Kategori Putra

Juara 1 Rio Febrian

Juara 2 Krismonika Saliut

Juara 3 Herry Kristian

Kategori Putri

Juara 1 Nerlis Ijus

Juara 2 Flora

Juara 3 Nova

 

Teks: Asa Zumara (Tim Publikasi Dinas Kominfotiksan)

Sumber Foto dan berita: Camat Lumbis Pansiangan

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS