Memasuki babak baru penilaian Adipura telah di mulai. Kabupaten Nunukan merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam ketegori penilaian.

  Penilaian yang akan dimulai pada bulan ini mendorong DLH Kabupaten Nunukan mengajak bersama sama masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan tempat tinggalnya. 

   DLH Nunukan  beberpa waktu lalu telah membantuk Tim khusus pemantauan titik-titik lokasi yang akan menjadi tempat penilaian.Tim yang telah terbagi ini akan bertanggung jawab terhadap lokasi masing-masing. 

  Peninjauan lokasi oleh tim akan dilakukan selama dua hari kedepan untuk menservei lokasi penilaian.15 Mei 2022 sekitar pukul 10.00  pagi beberapa tim sudah bergerak kelokasi masing-masing.

 Dari titik lokasi yang  ada beberapa indikator penilaian yang harus diketahui misalnya untuk Area Perkantoran,RSUD,Puskesmas,sekolah,indikator penilaiannya meliputi kebersihan jalanan, lapangan, halaman, ruang terbuka, tempat parkir, kebersihan drainase,  dan keberadaan tempat pemilahan sampah. Untuk Pertokoan,Terminal dan Pasar indikator penilaiannya meliputi tempat parkir, tempat pemilahan sampah, kebersihan jalan dan drainase. Area Pemukiman indikator penilaiannya meliputi kebersihan jalan,drainase,tempat sampah, ruang terbuka, dan halaman. Jalanan dan bandara indikator penilaiannya ruang terbuka Hijau, kebersihan Jalanan, dan keberadaan tempat sampah.

 Berdasarkan titik-titik lokasi inilah DLH Kabupaten Nunukan mengajak peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama sama menjaga,merawat kebersihan tempat tinggal dan lingkungan.Kerna Adipura oleh masyarakat dan untuk masyarakat. 

 

 

 

Teks/Foto : Muh. Arsyad (Tim Publikasi DINAS LINGKUNGAN HIDUP )

Editor : fahmiimaniar