SIMP4TIK NEWS-  Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di sekolah, Dinas Kesehatan Povinsi Kalimantan Utara dan Dinkes P2KB Kab. Nunukan menyelenggarakan kegiatan Koordinasi/Sosialisasi/Advokasi Penjaringan Kesehatan Peserta Didik serta Penjaringan Anemia pada Remaja Putri di Sekolah Tahun 2022 di SMA N 2 Nunukan. Kamis (25/8)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran sekolah sebagai tempat remaja menghabiskan sebagian banyak waktunya berperan aktif menjaga kualitas kesehatan siswa-siswinya.

Beberapa hal yang di fokuskan dalam kegiatan ini yaitu meningkatkan sarana prasarana UKS, meningkatkan pengetahunan guru UKS dan Kader Kesehatan Remaja dalam penerapan sekolah sehat (Trias UKS), mendorong sekolah untuk membentuk Posyandu Remaja dan Kader Kesehatan Remaja, mencegah pernikahan dini terutama di kalangan para siswa/siswi,  deteksi dini resiko kesehatan dan penyimpangan perilaku siswa/siswi  lewat penjaringan kesehatan sekolah setiap tahun, pengelolaan Kantin Sekolah yang sehat.

Yuliani Uptalubin, S.KM selaku subkoordinator program kesehatan keluaarga (kesga) menjelaskan kegiatan ini sumber dananya dari  Dinkes Provinsi Kaltara dan dikolaborasikan dengan program kesjaor, gizi kesmas dan usekrem (usia sekolah dan remaja). 

"Sumber pendanan kegiatan ini dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Utara berkolaborsi dengan program Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan," katanya.  

Acara dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara (Bidang Kesmas), Dinas Kesehatan Kab.Nunukan (Bidang Kesmas), penanggung jawab USEKREM (Usia Sekolah & Remaja) dari empat Puskesmas yaitu Nunukan timur, Sedadap, Nunukan dan Binusan, guru UKS beberapa sekolah SMA dan SMP, perwakilan kader kesehatan remaja dari SMA dan SMP yang keseluruhannya kurang lebih ada 100 peserta.

Seluruh peserta bersemangat mengikuti senam, remaja putri juga aktif periksa HB kurang lebih 50 orang dan di akhir acara peserta mengikuti Sosialisasi dengan narasumber dari Dinkes Provinsi Kaltara  dengan materi Trias UKS, Penjaringan Peserta Didik dan Kesling yang sehat dan Kantin Sehat.(*)

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim