SIMP4TIK News - Meningkatnya volume penyaluran Solar JBT (Jenis BBM Tertentu) dan Pertalite JBKP (Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan) yang diperkirakan melebihi kuota nasional, maka pertamina meminta Bupati Nunukan untuk turut serta mensosialisakan kepada masyarakat Kabupaten Nunukan agar segera mendaftarkan diri bagi konsumen Solar JBT dan Pertalite JBKP.

Berdasarkan surat dari Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Freddy Anwar, nomor 1016/PND900000/2022-S3 tanggal 21 Juli 2022 kepada Bupati Nunukan terkait implementasi pendaftaran konsumen Solar JBT dan Pertalite JBKP, maka Bupati Nunukan perintahkan kepada Dinas Kominfotik dan Persandian Kabupaten Nunukan dan Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan untuk mendukung program dari pertamina tersebut dengan turut mensosialisasikan kepada masyarakat.

BBM subsidi merupakan produk yang volumenya terbatas dan mempunyai ketentuan konsumen pengguna tertentu sehingga harus terdata dan terdapat tanggungjawab melekat kepada penggunanya (sanksi bagi pelanggar).

Pihak pertamina sendiri mulai mewajibkan konsumen Solar JBT dan Pertalite JBKP untuk mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id terhitung mulai tanggal 1 Juli 2022 di wilayah Kabupaten Nunukan.

Kewajiban pendaftaran diberlakukan kepada seluruh konsumen Solar JBT dan seluruh konsumen kendaraan roda 4 (empat) yang ingin melakukan pembelian Pertalite JBKP.

Setelah pendaftaran, tahap selanjutnya dilakukan pencocokan data antara isian data dan foto yang telah diupload oleh konsumen di website. Setelah dinyatakan lolos pencocokan data, setiap kendaraan akan memiliki QR code guna bertransaksi pembelian solar JBT dan Pertalite JBKP.

Adapun rencana implementasi pendaftaran konsumen solar subsidi dan pertalite dilakukan secara bertahap. Yakni tahap sosialisasi, tahap registrasi dan implementasi serta tahap implementasi penuh.

 

Teks: Asa Zumara (Tim Publikasi Diskominfotiksan)

Foto: Google

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim