SIMP4TIK News - Mahasiswa Universitas Gadja Mada (UGM) Yogyakarta telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Sebatik Timur sejak Juli lalu dengan membawa rencana program inovasi yg bervariasi sesuai dengan kluster yang diklasifikasi.

"Kluster tersebut dibagi menjadi 4 kluster yaitu kluster agro, kluster medika, kluster saintek dan kluster sosiohumaniora", ujar Zulhami Ahsan sebagai Ketua Kelompok KKN Mahasiswa UGM.(12/08)

Dalam acara pemaparan dan pelepasan yang dilaksanakan di Kantor Bupati Nunukan pada pada Jumat (12/8) ini, Kepala Dinas Pemberdayaan MasyRakat Desa Helmi Puda slikar  menjelaskan KKN Mahasiswa UGM dibagi menjadi dua  unit yg masing-masing unit tersebut berlokus di Desa Tanjung Aru dan Desa Tanjung Harapan.

"Dari banyaknya inovasi yang telah dipaparkan, ada beberapa yang sangat kompatibel untuk kita fokuskan karena inovasi tersebut dapat menunjang sektor ekonomi kita yang berbasis sumber daya lokal, contohnya pengolahan rumput laut, branding UMKM hingga pengelolaan tempat wisata", ujar Helmi Pudaaslikar (Kepala DPMD Nunukan) mewakili Bupati Nunukan dalam dalam acara tersebut. 

Sementara itu  Sekretaris Bappeda Wilson SE MAP berharap rencana kerja mahasiswa KKN UGM sudah disosialisZikan kepada masyarakat.

"Hari ini kita pemaparan dan pelepasan, semoga rencana program Masiswa KKN UGM yg telah dilaksanakan dan disosialisasikan ke masyarakat dapat ditumbuhkembangkan sehingga menunjang peningkatan ekonomi kita yang berbasis sumber daya lokal" tambah Wilson. 

Dengan demikian, tambah Wilson, inovasi-inovasi yang dibawa Mahasiswa KKN UGM diharapkan dapat menunjang perkonomian baik oleh masyarakat maupun pemerintah agar direplikasikan di seluruh wilayah Kabupaten Nunukan sesuai dengan komoditas, sumber daya lokal dan budaya lokal.(*) 

Foto/Teks: Mochammad Hidayat, S.STP (Tim Publikasi Bappeda Litbang). 

Editor : Sahar

 

Teks/Foto : M. Hidayat, S.STP (Tim Publikasi KECAMATAN LUMBIS )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim