SIMP4TIK NEWS- Dalam rangka pembangunan bidang kesehatan di wilayah Kecamatan Nunukan Selatan yang mandiri dan berkualitas maka diperlukan kerjasama yang solid dengan lintas sektor terkait. Guna mewujudkan  hal tersebut Puskesmas Sedadap menginisiasi kegiatan Lokakarya triwulan dengan Tema Menjalin sinergitas lintas sektoral untuk menyehatkan generasi bangsa. Pada kesempatan ini Puskesmas Sedadap berkolaborasi dengan bidang pendidikan mengadakan pertemuan di Aula Gadis I Kecamatan Nunukan Selatan. (28/7)

Intisari kegiatan ini yaitu Puskesmas Sedadap berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan di sekolah-sekolah wilayah kecamatan Nunukan Selatan. Dan diharapkan ada komitmen bersama antara UPT Puskesmas Sedadap dengan Pejabat di Bidang Pendidikan untuk pelaksanaan program-program kesehatan di sekolah- sekolah se- Kecamatan Nunukan.

Kepala Puskesmas Sedadap, dr. Evi Maryani memaparkan program bidang kesehatan yg akan dilaksanakan oleh puskesmas yaitu Upaya Kesehatan Indera, Gizi, Penyakit Tidak Menular (PTM), Upaya Kesehatan Sekolah (UKS)/ Upaya Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS), program kusta, Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Anak, Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), Promosi Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih Sehat (Kantin Sekolah, Larangan Merokok di Sekolah), Program Jiwa dan Imunisasi.  Program-program tersebut dilaksanakan di tingkatan sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP dan SMA disesuaikan dengan kebutuhan tingkatan jenjang sekolah.

Acara ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan bidang pendidikan, perwakilan dari UPT Dinas Pendidikan, Pejabat Dinkes P2KB, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Utara, Kepala SKB Nunukan, Camat Nunukan Selatan, Kepala sekolah PAUD, TK ,SMP dan SMA se- Kecamatan Nunukan Selatan, pemegang program dari Dinkes P2KB dan tentunya tim dari Puskesmas Sedadap.

Camat Nunukan Selatan mendukung penuh dengan program Puskesmas Sedadap yang inovatif ini. Para kepala sekolah antusias memberikan saran dan masukan terkait teknis pelaksanaan program puskesmas di sekolah mereka masing-masing mulai dari jadwal pelaksanaan, teknis di lapangan agar program kesehatan dapat berjalan lancar di sekolah.

Dinas kesehatan P2KB mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena merupakan salah satu upaya Puskesmas Sedadap untuk meningkatkan capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Bidang Kesehatan.

Hasil dari koordinasi ini yaitu adanya Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Komitmen bersama untuk  menggalang penyelenggaraan kesehatan di UPT Puskesmas Sedadap dan Bidang Pendidikan. Serta Puskesmas wajib membuat feedback dan rekomendasi ke sekolah terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Teks/Foto : Feristya (Tim Publikasi Dinas Kesehatan)

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : fahmiimaniar