SIMP4TIK News - Perekonomian Kabupaten Nunukan pada tahun 2023 akan ditingkatkan melalui peningkatan sumber ekonomi lokal yang  akan menurunkan angka kemiskinan. Hal tersebut ditegaskan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023 (RKPD 2023) Kabupaten Nunukan yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Nunukan Nomor 8 Tahun 2022 pada tanggal 1 Juli 2022 tentang RKPD 2023.

"RKPD 2023 telah ditetapkan dan diharapkan dapat mengantar Kabupaten Nunukan pada pertumbuhan ekonomi di level 5,47% serta menurunkan angka kemiskinan melalui pemberdayaan sektor dan sumber ekonomi lokal" kata Rusdiansyah, S.ST sebagai salah satu tim penyusun RKPD 2023 (14/7).

Pernyataan itu didukung Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan Yoseft ST MT bahwa  fokus pembangunan ekonomi Kabupaten Nunukan pada tahun 2023 akan terpusat pada dua titik, yaitu di Kecamatan Nunukan Selatan dan Kecamatan Sebatik Timur.

"Marine Technopark yang ada di Kecamatan Nunukan Selatan dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Pancang yang ada di Kecamatan Sebatik Timur diharapkan menjadi motor pertumbuhan ekonomi kita di tahun depan dengan meningkatkan produk lokal yang diolah dari sumber daya lokal itu sendiri" beber Yoseph, ST., MT. 

Arah pembangunan yang direncanakan pada tahun 2023 dirumuskan sesuai tema RKPD 2023 yang telah tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026 (RPJMD 2021-2026) Kabupaten Nunukan dan juga sudah sesuai dengan prioritas nasional serta Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

Dengan demikian, Yoseph optimis perencanaan yang matang telah disusun oleh Pemerintah Kabupaten Nunukan yang dimotori Bappeda Litbang dan seluruh perangkat daerah, kemudian diharapkan dapat dijalankan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sehingga perekonomian Kabupaten Nunukan dapat ditingkatkan dan menekan angka kemiskinan.(*)

Foto/Teks: Mochammad Hidayat, S.STP (Tim Publikasi Bappeda Litbang)

Editor : Ilham Waskito

Teks/Foto : M. Hidayat, S.STP (Tim Publikasi KECAMATAN LUMBIS )

Editor : fahmiimaniar