SIMP4TIK News - Masih dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan Ke - 23 Tahun, Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan World Cleanup Day 2022 dengan mengusung tema "Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah" di sepanjang jalan lingkar Nunukan, Jum'at (14/10).

Tampak Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE., MM., Ph.D, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE., MSi, Ketua DPRD, Dandim 0911/Nnk dan sejumlah kepala instansi vertikal berbaur bersama masyarakat mengambil sampah yang berserakan disepanjang jalan lingkar.

Bupati Nunukan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia mengatakan salah satu penyebab terjadinya banjir selain faktor alam juga disebabkan oleh lingkungan (sampah).

"Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Nunukan peduli dengan lingkungan, antara lain kita harus sadar tentang kebersihan dimulai dari rumah kita, bagaimana memilah sampah - sampah karena sebagai informasi penampungan sampah di Kabupaten Nunukan sudah penuh," jelasnya.

Dikesempatan yang sama ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hj. Rahma Leppa menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang bermukim, berjualan maupun yang  berkunjung disekitar jalan lingkar agar tidak membuang sampah sembarangan.

Ia menegaskan kepada kepala Dinas Lingkungan Hidup dan juga Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) untuk terus mensosialisasikan peraturan daerah terkait pengelolaan sampah dan menindak tegas yang melanggar.

Dari hasil kerja bakti ada sekitar 3 ton sampah yang terkumpul dan selanjutnya akan dibawa ke TPS.

Selanjutnya Bupati Nunukan menyerahkan bibit pohon duku dan durian kepada perwakilan lapas yang nantinya ada akan ditanam disekitar lapas kelas IIB Nunukan dan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis dimedian jalan.

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada peserta yang terbanyak mengumpulkan sampah.(*)

 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom