SIMP4TIK News - Duta Genre dari SMAN 1 Nunukan dinobatkan sebagai pemenang pada seleksi pemilihan duta genre 2022. Mereka adalah Amanda Eklesia Chantika kelas XII MIA 3 dan Ferdinan Bagaskara Pendai kelas XI 3. Giat yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ini berlangsung pada Selasa (14/9) secara virtual.

 

Duta Genre merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja bebas narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS.

 

Dikonfirmasi melalui telepon, Kepala Sekolah SMAN 1 Nunukan, Khoirul Naim mengaku bangga atas pencapaian prestasi anak didiknya. Ia berpesan agar duta genre ini memanfaatkan pelatihan yang diberikan sebagai bekal masa depan mereka. Dirinya pun mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat positif.

 

"Saya mendukung setiap kegiatan yang bernilai positif ditengah gempuran hal negatif yang ada di sekitar kita. Harapan saya anak duta genre ini bisa membawa nama baik kabupaten di tingkat provinsi dan juga nama baik sekolah tentunya," ungkap Khoirul Naim.

 

Sementara itu Duta Genre 2022 atas nama Amanda Eklesia Chantika ketika ditanya persiapan untuk mengikuti seleksi pemilihan Duta Genre Kabupaten yang telah dilewati, dirinya harus menyiapkan mental dan fisik juga melakukan pendalaman materi mengenai program dan substansi Genre serta menyiapkan program kerja. 

 

"Persiapan untuk ke Provinsi nanti, tentu juga harus siap dalam mental dan fisik serta memperdalam pemahaman saya lebih jauh lagi mengenai Genre. Saya juga harus merealisasikan Program Kerja saya selaku Duta Genre Kabupaten Nunukan tahun 2022 dan merancang Program Kerja selanjutnya untuk di tingkat Provinsi," tutur Amanda.

 

Senada dengan Amanda, Ferdinan juga mengaku melakukan persiapan yang sama dengan rekannya untuk menuju seleksi tingkat provinsi.

 

Kesan mereka selaku Duta Genre 2022 tentunya bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Mereka juga merasa sangat senang karena dengan terpilihnya mereka menjadi Duta Genre, mereka ingin membawa perubahan baik bagi masyarakat terkhusus para remaja. 

Keduanya juga berpesan bagi para Duta yang belum berhasil meraih juara 1 jangan patah semangat dan mari bekerja sama untuk menjalankan Program Genre.

"Mari tingkatkan kesadaran akan kehidupan yang terencana agar kedepannya remaja Indonesia menjadi remaja yang lebih produktif lagi dan tertata kehidupannya. Harus semangat juga mengikuti perlombaan lainnya yang bermanfaat," ucap Ferdinan.

 

Sumber Foto: Elok Khoirisami, Guru BP SMAN 1 NUNUKAN 

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS