SIMP4TIK News -  Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Nunukan memfasilitasi sembilan  orang pelaku UMKM Nunukan  dan  satu  orang pendamping mengikuti Penyuluhan Hukum yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara di Ballroom Luminor Hotel Tanjung Selor,  Senin (25/7)

Kepala Dinas Pedindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop) Propinsi Kalimantan Utara Hj. Hasriyani SH MM selaku  Ketua Panitia kegiatan memaparkan  kegiatan akan berlangsung selama satu hari, diikuti oleh  80 peserta berasal dari perwakilan UMKM kabupaten kota  di Provinsi Kalimantan Utara, anggaran kegiatan bersumber dari Dana DAK  Khusus non fisik Tahun 2022. 

"Ada empat  Narasumber yang akan menyampaikan materi Narasumber kegiatan ini berasal dari  Kementerian Koperasi dan UKM, Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan, Kejaksaan, Kejaksaan Negeri Kabupaten Nunukan dan Pengadilan Negeri, " Jelas Hj Hasriani. 

Lanjut Kadis cantik yang biasa dipanggil Hj. Sri, nantinya akan ada  wadah  yg bernama  Ekspor Center   sebagai tempat khusus yang akan  mengakomodir semua produk - produk yang dihasilkan oleh UMKM Kaltara dan  bersinergi langsung dengan jasa pengiriman.

"Jadi para pelaku UMKM tidak lagi pusing memikirkan bagaimana pengiriman produk mereka, " tambahnya. 

Membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Utara H Zainal Arifin Paliwang, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Dr Bustan SE MSi mengharapkan semua peserta memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya kepada ahlinya terkait masalah hukum yang biasa dihadapi dalam menjalan UMKM. 

"Saya mengharapkan kepada semua pelaku UMKM  yg hadir dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan bertanya pada ahlinya yang menjadi narasumber  dalam kegiatan Penyuluhan Hukum terkait Legalitas usaha yang  mereka jalankan sehingga usaha mereka bisa terus berkembang dimasa yang akan datang, karena pembinaan dan pemberdayaan UMKM merupakan tugas bersama antara Pemprov dan Pemda juga masyarakat, " jelasnya. 

Hadir pada pembukaan acara ini antara lain Ahmadi SH Penyuluh Ahli Madya Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, DR. Yahya Ahmad Zein, SH.M.A Dekan Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan, dan Untung Prayitno Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKM kota Tarakan (*). 

Teks/Foto : Yuliana (Tim Publikasi DKUKMPP) 

Editor : Ilham Waskito

 

 

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : fahmiimaniar