SIMP4TIK News - Sempat tertunda selama dua tahun, akhirnya Pemerintah Arab Saudi membuka kembali kuota haji bagi warga negara asing. Tahun 2022 ini Kabupaten Nunukan memberangkatkan 52 jamaah saja, setengah dari kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah secara nasional yakni 114 jemaah.

Mewakili Bupati Nunukan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin bersama jajaran Forkopimda, ketua DPRD Kabupaten Nunukan, Hj. Leppa, dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, H.Muhammad Ramli, melepas langsung 52 calon jemaah haji Nunukan kloter kedua Embarkasi Balikpapan di Islamic Center Nunukan, Sabtu (18/6)

Dalam sambutan Bupati Nunukan yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra mengatakan, ibadah haji merupakan impian yang diidam-idamkan oleh seluruh umat islam, sehingga tidak semua umat muslim memiliki kesempatan menunaikan rukun islam yang kelima.

"Dua tahun lalu, pemerintah Arab Saudi terpaksa tidak membuka kesempatan bagi warga negara asing untuk melaksanakan ibadah haji kerena alasan pandemi covid -19. Alhamdulillah tahun ini sudah membuka kembali kesempatan bagi seluruh negara untuk memberangkatkan jamaah hajinya", ujar Muhammad Amin.

Dari 52 jamaah haji kloter kedua yang diberangkatkan dari Nunukan, terdiri dari 18 jemaah haji laki-laki dan 34 jemaah perempuan. Saat ini daftar tunggu calon jamaah haji diseluruh Indonesia rata-rata sudah mencapai lebih dari 20 tahun dan beberapa daerah bahkan ada yang harus rela menunggu 30 tahun hingga 40 tahun. Sementara untuk Kabupaten Nunukan,daftar tunggunya sudah mencapai kurang lebih 25 tahun.

Di akhir sambutan Muhammd Amin berharap dari seluruh calon jemaah haji selalu sehat mulai dari keberangkatan, saat berada di Arab Saudi hingga pulang nantinya ke tanah air.

"Saya berpesan tetap mematuhi protokol kesehatan selama ditanah suci. Jaga kesehatan dan jangan terlalu memaksakan untuk melaksanakan ibadah-ibadah sunnah jika memang kondisi badan sedang tidak memungkinkan dan menjaga sikap serta perilaku selama di Mekkah dan Madinah," ujarnya.

Berdasarkan jadwal pemberangkatan calon jemaah haji asal Nunukan dilakukan pada 28 Juni 2022 mendatang, dimana jadwal sebelumnya yakni 27 Juni 2022 para jemaah akan melalui karantina dan tes PCR sebelum keberangkatan ke embarkasi haji di Balikpapan.

 

Teks/Foto : Muliyanti (Tim Pubikasi Setda)

Editor : Asa Zumara

Teks/Foto : Muliyanti (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : fahmiimaniar